Spesifikasi dan Harga Jet Tempur F-35 Israel yang Hancurkan Gedung Konsulat Iran

Rabu, 03 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
Spesifikasi dan Harga Jet Tempur F-35 Israel yang Hancurkan Gedung Konsulat Iran
Jet Tempur F-35 menjadi salah satu andalan Israel. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Spesifikasi dan harga jet tempur F-35 Israel menarik diulas. Baru-baru ini, jet tempur siluman tersebut digunakan untuk menghancurkan gedung Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada Senin (1/4/2024).

Pada serangan tersebut, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menyebut setidaknya ada tujuh anggotanya yang tewas. Sementara Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan total 11 orang tewas dalam serangan udara.

Setelah serangan Israel yang melibat F-35, banyak orang yang penasaran dengan spesifikasi jet tempur tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Jet Tempur F-35 Israel


F-35 merupakan sebuah jet tempur multi peran berkemampuan siluman. Perancangannya sendiri dilakukan Lockheed Martin asal Amerika Serikat.

Mengutip Military Today, F-35 membawakan mesin Pratt & Whitney F135. Bersama mesin tersebut, jet tempur ini mampu mencapai kecepatan hingga 1.931 km/jam serta jangkauan sampai 2.200 km.

Pada operasinya, F-35 dapat melakukan berbagai misi berbeda. Di antaranya seperti misi pertahanan udara, dukungan udara jarak dekat hingga pengeboman taktis.

Mengutip laman F-35 Lockheed Martin, melalui F-35 perancang menggabungkan kemampuan siluman, sensor canggih, serta fusi informasi dalam sebuah jet tempur supersonik yang bermanuver.

Pada kemampuannya, jet ini juga mampu mengumpulkan, menganalisis hingga berbagi data untuk memberinya peningkatan kekuatan yang lebih luas.

Salah satu fitur andalan dari F-35 adalah kemampuan siluman yang membuat seakan tak terlihat. Bekal tersebut akan membuat musuh kesulitan ketika mencoba menemukan dan menargetkan jet ini.

Kemudian, F-35 juga memiliki rangkaian sensor canggih, termasuk radar Active Electronically Scanned Array, Distributed Aperture System hingga Electro Optical Targeting System.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)