Israel Bantai 7 Pekerja Bantuan Kemanusiaan di Gaza, Netanyahu Enteng Jawab Tak Sengaja

Rabu, 03 April 2024 - 07:43 WIB
loading...
Israel Bantai 7 Pekerja Bantuan Kemanusiaan di Gaza, Netanyahu Enteng Jawab Tak Sengaja
Warga Palestina memeriksa kendaraan berlogo World Central Kitchen yang hancur akibat serangan udara Israel di Deir al Balah, Jalur Gaza, Selasa, 2 April 2024. Foto/AP/Ismael Abu Dayyah
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Selasa bahwa serangan udara Israel yang menewaskan tujuh orang yang bekerja untuk World Central Kitchen Charity (WCK) milik chef selebriti Jose Andres di Gaza tidak disengaja dan “tragis”.

Menurut Netanyahu, militer berjanji akan melakukan penyelidikan independen.

Militer Israel membenarkan adanya serangan mematikan terhadap konvoi WCK yang menewaskan warga negara Australia, Inggris dan Polandia, serta warga Palestina dan warga negara ganda Amerika Serikat dan Kanada.

WCK mengatakan mereka bepergian dengan dua mobil lapis baja berlogo Badan Amal dan kendaraan lain.

Militer menyatakan “kesedihan yang tulus” dan menjanjikan penyelidikan independen atas insiden tersebut.

Serangan barbar rezim kolonial Israel itu menuai kecaman luas dan meningkatkan tekanan untuk mengambil langkah-langkah meringankan situasi bencana kemanusiaan di Gaza.

“Sayangnya, beberapa hari terakhir terjadi peristiwa tragis di mana pasukan kami secara tidak sengaja melukai warga non-kombatan di Jalur Gaza,” ungkap Netanyahu dalam pernyataan video.

“Ini terjadi dalam perang. Kami sedang melakukan penyelidikan menyeluruh dan berhubungan dengan pemerintah. Kami akan melakukan segalanya untuk mencegah terulangnya kembali,” papar Netanyahu yang disebut banyak pihak sebagai Tukang Jagal Gaza itu.



Israel telah lama membantah tuduhan mereka menghalangi distribusi bantuan pangan yang sangat dibutuhkan di Gaza, yang telah dikepung pasukan Zionis sejak Oktober.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)