Arab Saudi Jebloskan 12 Fans Sepak Bola ke Penjara karena Yel-yel Syiah

Senin, 01 April 2024 - 12:23 WIB
loading...
Arab Saudi Jebloskan 12 Fans Sepak Bola ke Penjara karena Yel-yel Syiah
Arab Saudi memenjarakan 12 penggemar sepak bola setelah mereka melakukan yel-yel terkait Syiah selama pertandingan. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Pengadilan Kerajaan Arab Saudi telah menjatuhkan hukuman penjara antara enam bulan hingga satu tahun kepada 12 fans atau penggemar sepak bola.

Menurut Human Rights Wacth (HRW), selusin orang itu dijebloskan ke penjara setelah mereka melakukan yel-yel terkait Syiah secara damai selama pertandingan sepak bola pada bulan Januari.

HRW, yang berbasis di Amerika Serikat (AS), mengatakan pihak berwenang kerajaan harus segera membatalkan putusan pengadilan tersebut, yang hanya didasarkan pada ekspresi damai dari para penggemar sepak bola yang bersemangat.

Seruan HRW itu sambil menyoroti bahwa Arab Saudi adalah satu-satunya penawar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.



“Memenjarakan penggemar sepak bola karena yel-yel di sebuah pertandingan hanyalah satu lagi alasan bahwa kecurangan FIFA terhadap proses penawaran Piala Dunia 2034 yang memungkinkan Arab Saudi menjadi satu-satunya penawar bukan hanya memalukan, tapi juga berbahaya,” kata Joey Shea, peneliti Arab Saudi di HRW.

“Bagaimana para penggemar sepak bola bisa merasa aman di Arab Saudi jika mereka bisa dengan mudah dijatuhi hukuman penjara hanya karena yel-yel yang tidak disukai pemerintah?” lanjut Shea, seperti dikutip New Arab, Senin (1/4/2024).

Kasus ini bermula ketika polisi setempat memanggil dan menangkap para penggemar setelah video mereka menyanyikan lagu religi Syiah selama pertandingan sepak bola di-posting dan disebarkan di media sosial.

Pengadilan Kriminal Arab Saudi di Dammam memvonis dua penggemar sepak bola satu tahun penjara dengan denda 10.000 Riyal Saudi (sekitar USD2.666) dan yang lainnya satu tahun penjara, dengan penangguhan enam bulan, dan denda 5.000 Riyal Saudi (sekitar USD1.333).

Pada 24 Januari, saat pertandingan sepak bola antara Klub Al Safa dan Klub Al Bukiryah di Provinsi Timur negara tersebut, tempat komunitas minoritas Syiah di Arab Saudi terkonsentrasi, sekelompok penggemar sepak bola Al Safa direkam dengan damai menyanyikan lagu religi Syiah untuk merayakan kelahiran Imam Ali, yang dianggap oleh Muslim Syiah sebagai Imam Pertama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)