Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Sabtu, 30 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?
Pesawat supersonik akan mengganti jet konvensional. Foto/Boom Supersonic
A A A
WASHINGTON - Awal bulan ini, sebuah pesawat purwarupa yang mungkin merupakan pesawat supersonik sipil baru pertama yang diluncurkan sejak tahun 1960an mengudara. Ini adalah momen penting dalam era baru perjalanan supersonik yang sangat dinantikan.

XB-1, pesawat demonstran teknologi yang dibangun oleh Boom Supersonic yang berbasis di Colorado, berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya di Mojave Air & Space Port di California, diumumkan pada 22 Maret.

Program XB-1 membuka jalan bagi desain dan pengembangan pesawat komersial Boom Overture, yang menjanjikan jet supersonik pertama di dunia yang dikembangkan secara independen.

Kini, 10 tahun setelah proyek Boom Supersonic dimulai pada tahun 2014, CEO Blake Scholl mengatakan kepada CNN Travel melalui panggilan video, ada beberapa bulan ke depan yang menarik.

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

1. Tidak Terwujud dalam Semalam

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Foto/Boom Supersonic

“Saya sangat yakin akan kembalinya perjalanan udara supersonik, dan pada akhirnya menghadirkan hal tersebut kepada setiap penumpang di setiap rute. Dan itu bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam,” kata Scholl. “Bagian tersulit dalam membangun jet supersonik adalah membuat sesuatu yang sangat ramping dan licin, dapat lepas landas dan mendarat dengan aman.”

Penerbangan pertama XB-1 memenuhi semua tujuan pengujiannya, termasuk mencapai ketinggian 7.120 kaki (2.170 meter) dengan aman dan kecepatan hingga 238 knot (273 mil per jam).

Ketinggian tersebut sedikit di bawah ketinggian yang dicapai oleh pesawat komersial, yang terbang antara 31.000 kaki hingga 42.000 kaki.

Adapun Mach 1 – kecepatan suara – adalah sekitar 760 mph, tergantung pada ketinggian dan suhu. Namun rencananya XB-1 akan mencapai ambisi supersonik tersebut dengan cukup cepat.

“Kami akan melakukan serangkaian penerbangan – total 10 hingga 15 – selama lima hingga tujuh bulan ke depan untuk memecahkan hambatan suara untuk pertama kalinya,” kata Scholl.


2. Belajar dari Tupolev Tu-144 dan Concorde Inggris

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Foto/Boom Supersonic

Hanya ada dua pesawat supersonik sipil: Tupolev Tu-144 Soviet dan Concorde Inggris-Prancis, yang terbang terakhir kali pada Oktober 2003, lebih dari dua dekade lalu.

Kini, industri ini dipenuhi dengan proyek-proyek supersonik dan hipersonik – mulai dari pesawat X-59 “tenang” milik NASA dan Lockheed Martin, yang membatasi ledakan sonik, hingga Hermeus yang berbasis di Atlanta, yang minggu ini meluncurkan pesawat terbang pertamanya.

“Munculnya rekayasa digital adalah faktor yang sangat memungkinkan terjadinya kembali penerbangan supersonik,” jelas Scholl. “Aerodinamika, material, propulsi: Itu adalah tiga bidang besar di mana kami telah membuat kemajuan besar dibandingkan Concorde.”

3. Fokus pada Dinamika Fluida Komputasi

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Foto/Boom Supersonic

Pada tahun 1960-an, Concorde dikembangkan di terowongan angin, yang berarti membangun model fisik yang mahal, menjalankan pengujian, dan mengulanginya.

“Anda tidak bisa menguji banyak desain, karena setiap iterasi memerlukan biaya jutaan dan memakan waktu berbulan-bulan,” jelas Scholl. Namun Boom telah menyempurnakan desain aerodinamis pesawatnya yang efisien dengan menggunakan dinamika fluida komputasi, yang “pada dasarnya adalah terowongan angin digital. Kami dapat melakukan simulasi yang setara dengan ratusan pengujian terowongan angin dalam semalam dengan biaya yang lebih murah dibandingkan pengujian terowongan angin sesungguhnya.”

XB-1 hampir seluruhnya terbuat dari komposit serat karbon, dipilih karena kuat dan ringan.

4. Mengembangkan Sistem Visi Augmented Reality

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Foto/Boom Supersonic

Concorde terkenal mengurangi hambatan ketika mencapai kecepatan supersonik dengan memiliki hidung panjang dan lancip pada engsel yang miring ke depan saat lepas landas, mendarat, dan meluncur sehingga pilot dapat melihat landasan pacu.

“Saat ini, kita memiliki benda luar biasa yang disebut kamera dan layar,” kata Scholl sambil tersenyum, saat menjelaskan sistem penglihatan augmented reality unik XB-1. Daripada membutuhkan tampilan hidung dan kaca depan yang rumit dan dapat digerakkan, pesawat ini malah menggunakan dua kamera yang dipasang di hidung, yang secara digital ditambah dengan indikasi ketinggian dan jalur penerbangan.

“Ini jauh lebih baik daripada pemandangan yang pernah ada di Concorde,” klaim Scholl, dan simbologi augmented reality akan membantu pilot menyelaraskan target dan mencapai “pendaratan yang indah setiap saat.”

5. Biayanya Mahal

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Foto/Boom Supersonic

Jadi, dengan industri penerbangan yang memiliki target untuk mencapai emisi karbon nol pada tahun 2050, mengapa pesawat supersonik yang terbang dengan kecepatan dua kali lipat kecepatan jet modern dan konvensional dapat memenuhi semua target tersebut?

XB-1 dirancang untuk ditenagai oleh mesin jet konvensional dan menggunakan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF) hingga 100%.

Kami telah membahas lambatnya penerapan SAF sebelumnya di sini di CNN Travel, dan Scholl sangat menyadari permasalahannya saat ini.

“Jumlahnya tidak cukup, dan biayanya terlalu mahal, namun jumlahnya terus meningkat,” kata Scholl, namun menurutnya suatu hari nanti akan digunakan untuk semua perjalanan udara jarak jauh. Ini adalah “masa depan penerbangan,” katanya.

6. Mengandalkan Kecepatan

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Foto/Boom Supersonic

Scholl mengakui bahwa “terbang lebih cepat pada dasarnya lebih boros energi,” namun ia berpendapat bahwa “kita tidak harus memilih antara ramah iklim dan ramah penumpang. Faktanya, kita dapat mempercepat transisi menuju transportasi rendah karbon dengan memastikan bahwa pesawat yang diinginkan juga merupakan pesawat yang paling ramah lingkungan.”

Dia membandingkan perjalanan udara transatlantik saat ini dengan “berkendara melintasi Atlantik dengan SUV yang tidak terlalu bagus. Di atas Overture, berkendara melintasi Atlantik akan seperti mengendarai Tesla melintasinya. Dan ya, ini akan menjadi lebih boros energi, tetapi dari sudut pandang iklim, hal ini tidak menjadi masalah karena sumber energinya ramah lingkungan.”
Dia juga berpendapat mengenai efisiensi lain yang ditawarkan oleh penerbangan yang lebih cepat.

“Pesawat yang lebih cepat jauh lebih efisien dalam hal sumber daya manusia dan lebih hemat modal. Anda dapat melakukan lebih banyak penerbangan, dengan pesawat dan awak yang sama,” kata Scholl. “Kita dapat secara signifikan mengurangi semua biaya dan dampak yang ditimbulkan pada pesawat terbang dengan membuatnya lebih cepat. jika kita memiliki pesawat yang lebih cepat, kita tidak memerlukan sebanyak itu.”

Alasan kita tidak menggunakan penerbangan baling-baling antara London dan New York, katanya, adalah karena meskipun mesin ini lebih hemat energi dibandingkan mesin jet, namun secara keseluruhan akan lebih mahal dan berdampak lebih besar, karena melaju dengan kecepatan setengahnya. kamu akan membutuhkan lebih banyak lagi.”

Ia memperkirakan bahwa, seperti halnya pesawat jet menggantikan pesawat baling-baling, “di masa hidup Anda dan saya, supersonik akan menggantikan pesawat jet saat ini, dan akan menjadi lebih cepat, lebih ramah lingkungan, dan lebih terjangkau.”

7. Bisa Terbang Ke Mana Saja

Mengapa Pesawat Supersonik Akan Gantikan Jet Konvensional?

Foto/Boom Supersonic

Ketika CNN Travel berbicara dengan Scholl pada bulan Mei 2021, dia memberi tahu kami bahwa mimpinya adalah agar orang-orang suatu hari nanti dapat “terbang ke mana pun di dunia dalam empat jam seharga $100.” Tiga tahun kemudian, dia mengatakan bahwa itu masih menjadi “Bintang Utara” miliknya.

“Jika Anda melihat kembali Concorde, Anda tahu, dibangun dengan teknologi tahun 1960-an, biayanya seperti tiket seharga 20.000 pound, dan hal itu tidak mungkin tercapai,” kata Scholl.

Pada versi pertama pesawat Boom’s Overture, yang dijuluki Overture One, “tujuan kami adalah menguranginya hingga empat kali lipat, dan menyediakan penerbangan supersonik bagi puluhan juta orang yang dapat terbang dengan kelas bisnis saat ini.”

Visi jangka panjangnya adalah untuk versi Overture yang lebih baru – ada rencana untuk Overture Dua, lalu Overture Tiga – akan menghadirkan penerbangan supersonik di lebih banyak rute ke lebih banyak penumpang dengan biaya lebih rendah.

Sasaran Boom adalah memangkas waktu penerbangan menjadi “separuh waktu atau kurang dari yang dibutuhkan saat ini”. Tujuan utamanya adalah “penerbangan yang lebih cepat, lebih terjangkau, lebih c
nyaman, lebih berkelanjutan. Dan kami akan terus mengupayakannya hingga kami dapat melakukan perjalanan keliling planet ini dengan mudah.”

8. 2024 Akan Terwujud?


Boom bertujuan untuk mengangkut penumpang pertamanya dengan Overture – antara 64 dan 80 orang, dengan kecepatan Mach 1,7 – sebelum akhir dekade ini. Saat ini, maskapai ini memiliki buku pesanan sebanyak 130 pesanan dan pre-order dari pelanggan termasuk American Airlines, United Airlines, dan Japan Airlines.

Scholl berkata, “2024 akan menjadi salah satu tahun terbesar bagi penerbangan supersonik. Akhir tahun ini, kami akan membuka pabrik super di Greensboro, North Carolina, tempat kami akan membangun Overture. Dan kemudian kami akan segera berangkat ke balapan.”

Yang terpenting, ia bangga memimpin “perusahaan swasta dengan model komersial yang berskala besar,” katanya. “Dunia membutuhkan pembuat pesawat komersial baru yang inovatif.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)