Intensitas Pengeboman Meningkat, Akankah Israel Melakukan Invasi Darat ke Rafah dalam Waktu Dekat?

Rabu, 27 Maret 2024 - 23:23 WIB
loading...
Intensitas Pengeboman Meningkat, Akankah Israel Melakukan Invasi Darat ke Rafah dalam Waktu Dekat?
Israel mengintensifkan serangan udara ke Rafah sebagai sinyal melakukan invasi darat ke perbatasan Mesir. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel mengebom setidaknya tiga rumah di Rafah, menimbulkan ketakutan baru di antara lebih dari satu juta orang yang berlindung di tempat perlindungan terakhir di tepi selatan Jalur Gaza bahwa serangan darat yang sudah lama terancam akan terjadi.

Salah satu serangan udara menewaskan 11 orang dari satu keluarga.

Mussa Dhaheer, yang melihat tetangganya membantu petugas darurat menurunkan korban dalam kantong mayat hitam dari lantai atas, mengatakan dia terbangun karena ledakan tersebut, mencium putrinya yang ketakutan, dan bergegas keluar untuk mencari kehancuran. Ayahnya, 75 tahun, dan ibunya, 62 tahun, termasuk di antara korban tewas.

"Saya tidak tahu harus berbuat apa. Saya tidak tahu harus berkata apa. Saya tidak bisa memahami apa yang terjadi. Orang tua saya. Ayah saya bersama teman-temannya yang mengungsi yang berasal dari Kota Gaza," katanya kepada Reuters. "Mereka semua bersama-sama, namun tiba-tiba mereka semua lenyap seperti debu."

Di lokasi pengeboman lainnya, Jamil Abu Houri mengatakan intensifikasi serangan udara adalah cara Israel menunjukkan penghinaannya terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB pekan lalu yang menuntut gencatan senjata segera. Selanjutnya, ia khawatir akan terjadi serangan darat di Rafah, yang telah diancam Israel akan dilakukan meskipun ada permintaan dari sekutu terdekatnya, Washington, bahwa serangan ini akan menyebabkan terlalu banyak kerugian bagi warga sipil.

“Pemboman semakin meningkat, dan mereka mengancam kami dengan serangan, dan mereka bilang kami sudah diberi lampu hijau untuk serangan ke Rafah. Di mana Dewan Keamanan PBB?” kata Abu Houri. "Lihatlah anak-anak kita. Lihatlah anak-anak kita. Ke mana kita harus pergi? Ke mana kita harus pergi?"



Secara terpisah, di Tepi Barat yang diduduki Israel, yang mengalami pertumpahan darah yang semakin parah seiring dengan perang Gaza, tiga warga Palestina tewas dan empat lainnya terluka akibat tembakan Israel dalam serangan di Jenin semalam, kata Kementerian Kesehatan Palestina pada Rabu.

Setidaknya 32.000 warga Palestina tewas dalam serangan Israel ke Gaza yang dikuasai Hamas, menurut kementerian kesehatan di sana, dan ribuan orang tewas lainnya diyakini belum ditemukan di bawah reruntuhan. Perang dimulai setelah pejuang Hamas menyerbu Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menculik 253 sandera menurut penghitungan Israel.

Pasukan Israel di utara Rafah mempertahankan dua rumah sakit utama di Khan Younis, Rumah Sakit Al-Amal dan Nasser, di bawah blokade yang diberlakukan akhir pekan lalu. Di utara, mereka masih beroperasi di dalam Al Shifa, rumah sakit terbesar di wilayah tersebut, yang mereka serang lebih dari seminggu yang lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)