Siapa Dalang di Balik Penembakan Massal Moskow Rusia?

Rabu, 27 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
Siapa Dalang di Balik Penembakan Massal Moskow Rusia?
Rusia menuding banyak pihak dibalik penembakan massal di Moskow Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia meragukan klaim bahwa ISIS-Khorasan di balik penembakan massal di Moskow Rusia. Kremlin justru menuding Barat dan Ukraina dibalik serangan mematikan tersebut.

Tudingan Rusia tersebut masuk akal karena ISIS-Khorasan tidak akan mampu melakukan operasi serangannya di Moskow tanpa bantuan pihak lain. Namun, ISIS juga memiliki sejarah panjang permusuhan dengan Rusia.

Siapa Dalang Dibalik Penembakan Massal Moskow Rusia?

1. Amerika Serikat dan Sekutunya

Siapa Dalang di Balik Penembakan Massal Moskow Rusia?

Foto/Reuters

Para pejabat tinggi Rusia secara langsung menuduh Ukraina terlibat dalam serangan mematikan gedung konser di Moskow, setelah serangan itu diklaim dilakukan oleh kelompok Negara Islam (ISIS).

ISIS telah merilis video kekejaman tersebut, namun Vladimir Putin dan dua sekutu dekatnya mengklaim bahwa para gerilyawan dibantu oleh intelijen Barat.

Skenario ini semakin kecil kemungkinannya karena AS telah memperingatkan Rusia akan serangan yang akan terjadi 15 hari sebelumnya.

Empat warga Tajikistan telah hadir di pengadilan dengan tuduhan melakukan pembantaian tersebut. Empat tersangka lainnya dituduh membantu terorisme.

Salah satu sekutu terlama Putin, sekretaris dewan keamanan Nikolai Patrushev, menggandakan klaim Putin pada hari Selasa ketika ditanya apakah ISIS atau Ukraina berada di balik serangan itu: "Tentu saja, Ukraina."

Kemudian kepala dinas keamanan FSB Rusia, Alexander Bortnikov, melangkah lebih jauh.

“Kami yakin tindakan tersebut dipersiapkan oleh kelompok Islam radikal itu sendiri dan, tentu saja, difasilitasi oleh badan khusus Barat. Badan khusus Ukraina sendiri memiliki hubungan langsung dengan hal ini.”


2. Ukraina

Siapa Dalang di Balik Penembakan Massal Moskow Rusia?

Foto/Reuters

Rusia menuding Ukraina dibalik serangan tersebut.

Penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan fakta tentang para pelaku dan "kegagalan ketidakmampuan aparat keamanan Rusia tidak dapat disangkal". Negara-negara Barat juga mencemooh narasi Kremlin.

Dia berargumen bahwa masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, dan mengulangi klaim tidak berdasar bahwa para penyerang telah mencoba melarikan diri ke selatan menuju Ukraina.

"Siapa yang menunggu mereka di sana?" Dia bertanya. “Kekejaman ini mungkin hanya sebuah rangkaian dari serangkaian upaya yang dilakukan oleh mereka yang berperang dengan negara kita sejak tahun 2014.”

Melansir BBC, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam tuduhan Rusia: "Putin berbicara pada dirinya sendiri lagi... Sekali lagi, dia menyalahkan Ukraina. Makhluk yang sakit dan sinis."

3. ISIS-Khorasan

Siapa Dalang di Balik Penembakan Massal Moskow Rusia?

Foto/Reuters

ISIS-Khorasan telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, dan memuji “pejuang Islam” yang melakukan serangan tersebut. Banyak komentator dan pejabat AS yang menyebut afiliasi ISIS di Provinsi Khorasan (ISKP) sebagai tersangka utama – meskipun sejauh ini tidak ada bukti bahwa hal tersebut memang benar adanya.

ISIS-Khorasan atau ISKP adalah cabang ISIS di Afghanistan. Nama tersebut berasal dari nama yang diberikan kepada suatu wilayah oleh beberapa penguasa Islam setempat dan dengan demikian secara eksplisit menolak batas-batas nasional modern sambil membangkitkan apa yang para anggotanya anggap sebagai hilangnya kejayaan dan kekuasaan kerajaan Muslim.

Melansir Guardian, kelompok ini dibentuk pada puncak ekspansi ISIS pada tahun 2015 ketika kelompok yang berbasis di Irak dan Suriah mencoba melakukan ekspansi dengan membangun jaringan afiliasi melalui Timur Tengah, Maghreb, Asia Barat, dan wilayah lain di Afrika.

Upaya-upaya ini membuahkan hasil yang beragam. Namun, ratusan pejuang Taliban yang kecewa dan beberapa dari faksi di Pakistan tertarik dengan ekstremisme dan sumber daya ISIS. Kelompok ini membentuk inti ISKP – dan kelompok tersebut masih terkait dengan ISIS hingga saat ini.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)