Badan Intelijen Rusia Awasi Upaya Barat Mempersenjatai ISIS

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Direktur Dinas Keamanan Rusia (FSB) Alexander Bortnikov menyatakan pada pertemuan kepala badan keamanan dan layanan khusus Rusia pada Oktober 2023 bahwa ISIS dan kelompok teroris lainnya berperang melawan Rusia sebagai bagian dari unit tentara bayaran Ichkerian dan Tatar Krimea di Ukraina.

“ISIS juga merupakan bagian dari kelompok sabotase dan pengintaian yang dikirim ke wilayah Rusia untuk melakukan serangan dan serangan teroris,” tegas Bortnikov.

Direktur FSB menekankan pemerintah Barat "secara aktif memfasilitasi pergerakan militan ke zona konflik Ukraina."

Pada Oktober 2023, FSB telah mendaftarkan partisipasi karyawan 13 perusahaan militer swasta (PMC) Barat dan para anggota sembilan pasukan proksi paramiliter asing dalam konflik Ukraina di pihak rezim Kiev.

Menurut Bortnikov, AS dan sekutu NATO-nya telah mengubah Ukraina menjadi sarang teroris.

Kepala FSB juga memberikan perhatian khusus pada upaya badan intelijen AS dan Inggris untuk menciptakan “sabuk ketidakstabilan” di Afghanistan dekat perbatasan selatan CIS, tempat kelompok al-Qaeda dan ISIS menjadi lebih kuat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, badan intelijen Barat merekrut militan dari organisasi teroris internasional yang beroperasi di Irak, Suriah, dan sejumlah negara Asia dan Afrika lainnya, dan memindahkan mereka ke Afghanistan utara.

“Kami mencatat peningkatan peran al-Qaeda, yang, dalam aliansi dengan cabang ISIS Vilayat Khorasan (dilarang di Federasi Rusia), mengambil bagian aktif dalam persiapan, indoktrinasi dan dukungan logistik terhadap kelompok-kelompok yang dikendalikan,” tegas Bortnikov pada Oktober lalu.

Kelompok Teror Berbondong-bondong ke Ukraina


Sejak awal operasi khusus Rusia di Ukraina, laporan mulai bermunculan di media dan blog internasional, menyoroti para militan dari semua kalangan yang berbondong-bondong ke zona tempur di Ukraina.

Pada awal Maret 2022, BBC mengutip kelompok teroris Hayat Tahrir al-Sham (HTS) yang berbasis di Suriah yang secara eksplisit mengungkapkan solidaritasnya terhadap rezim Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)