Ini Alasan Hamas Mengecam Serangan Teror di Moskow

Senin, 25 Maret 2024 - 16:16 WIB
loading...
Ini Alasan Hamas Mengecam Serangan Teror di Moskow
Hamas ikut mengecam serangan teror di Moskow, Rusia. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kelompok pejuang Palestina Hamas mengutuk serangan teror di Moskow yang merenggut nyawa sedikitnya 137 orang. Hamas justru memuji Rusia karena menolak pemungutan suara Dewan Keamanan PBB yang dipimpin AS untuk gencatan senjata di Gaza.

Hamas, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh beberapa negara termasuk Israel dan Amerika Serikat, mengatakan dalam sebuah pernyataan di Telegram dan ditinjau oleh UPI bahwa mereka mengutuk serangan ISIS-K, yang dilakukan Jumat malam di sebuah gedung konser di pinggiran kota Moskow.

“Kami di Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengutuk keras serangan teroris yang menargetkan warga sipil di ibu kota Rusia, Moskow, dan menyebabkan puluhan orang tewas dan terluka,” bunyi pernyataan Hamas, yang diterjemahkan dari bahasa Arab, dilansir UPI.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada para pemimpin dan rakyat Rusia, serta kepada keluarga para korban serangan kriminal ini, dan kami mendoakan pemulihan yang cepat bagi mereka yang terluka, dan kami menyampaikan solidaritas penuh kami kepada Rusia, rakyatnya, dan keluarga. para korban tragedi ini."

Dalam pernyataan sebelumnya, Hamas memuji Rusia – serta China dan Aljazair – karena menolak rancangan resolusi Amerika yang menyerukan gencatan senjata antara Israel dan Hamas dengan imbalan sandera di Gaza.

Rusia mengecam bahasa resolusi tersebut sebagai sesuatu yang bersifat politis, dan menuduhnya meninggalkan celah bagi Israel untuk melanjutkan serangannya. Amerika Serikat telah lama menjadi sekutu terdekat Israel, dan baru-baru ini meningkatkan kritiknya terhadap kekerasan Israel di Gaza – yang dikuasai oleh Hamas.



Amerika Serikat mengklaim bahwa Rusia dan China, yang keduanya memiliki hak veto sebagai anggota tetap DK PBB, tidak ingin resolusi yang ditengahi AS berhasil.

“Rancangan resolusi Amerika yang ditolak pada pemungutan suara hari ini di Dewan Keamanan PBB mengandung kata-kata yang menyesatkan dan bertentangan dengan tujuan kejahatan musuh Zionis, memungkinkan mereka untuk melanjutkan agresinya, dan memberikan perlindungan dan legitimasi bagi perang pemusnahan yang dilakukan Amerika. mereka berkomitmen terhadap rakyat Palestina kami di Jalur Gaza,” kata Hamas dalam pernyataan di Telegram yang ditinjau UPI.

Hamas mengatakan resolusi gencatan senjata tidak secara eksplisit menuntut penghentian segera agresi Israel di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)