Apakah Rusia Mengabaikan Peringatan AS tentang Adanya Ancaman Serangan Teror?

Minggu, 24 Maret 2024 - 10:15 WIB
loading...
Apakah Rusia Mengabaikan Peringatan AS tentang Adanya Ancaman Serangan Teror?
Rusia dituding mengabaikan peringatan AS terhadap serangan teror akan terjadi di Moskow. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Selalu ada pertanyaan setelah serangan apa pun, mengapa serangan itu tidak dihentikan atau terdeteksi. Namun serangan Moskow menimbulkan masalah yang sangat sulit bagi Vladimir Putin di tengah ketegangan dan ketidakpercayaan internasional. Dan sebagian besar dari hal ini terjadi karena peringatan dari Washington.

Peringatan tanggal 7 Maret dari AS kepada warga negaranya sangatlah spesifik. Laporan tersebut membahas laporan bahwa "ekstremis" mempunyai "rencana dalam waktu dekat untuk menargetkan pertemuan besar di Moskow" dan secara khusus menyebutkan konser. Pihaknya menyarankan warga Amerika yang berada di kota tersebut untuk menghindari pertemuan besar dalam 48 jam ke depan.

Melansir BBC, 2aktunya mungkin kurang tepat, namun rincian lainnya sangat mirip dengan peristiwa pada tanggal 22 Maret. Tampaknya jelas bahwa Washington memiliki semacam informasi intelijen dan bahwa hal itu terkait dengan Negara Islam (ISIS) – kelompok yang telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka berada di balik serangan Moskow.

Selain peringatan publik kepada warganya sendiri, AS juga menyatakan telah berkomunikasi langsung dengan pemerintah Rusia.

“Pemerintah AS juga membagikan informasi ini kepada pihak berwenang Rusia sesuai dengan kebijakan ‘kewajiban untuk memperingatkan’ yang sudah lama ada,” kata seorang pejabat AS dalam sebuah pernyataan setelah serangan tersebut, dilansir BBC.



Terdapat saluran-saluran yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi intelijen antar negara – bahkan negara-negara yang bukan sekutu – terutama jika hal tersebut berkaitan dengan kemungkinan serangan terhadap warga sipil.

Namun masalahnya adalah Moskow mengabaikan peringatan tersebut.

Tiga hari sebelum serangan itu, Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato di depan dewan Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), yang tugasnya membela negara. Prioritas utama, katanya kepada para pemimpin dinas keamanan yang berkumpul, adalah mendukung apa yang disebutnya operasi militer khusus – ungkapan resmi untuk invasi skala penuh ke Ukraina.

Dia mengklaim bahwa Ukraina telah beralih ke apa yang disebutnya “taktik teroris”. Ia juga berbicara langsung mengenai apa yang disebutnya sebagai "pernyataan provokatif" dari Barat mengenai potensi serangan di Rusia. Dia mengatakan peringatan tersebut “menyerupai pemerasan dan niat untuk mengintimidasi dan mengacaukan masyarakat kita”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)