3 Senjata Nuklir Terkuat Prancis, Bisa Jadi Andalan untuk Tantang Rusia

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:13 WIB
loading...
3 Senjata Nuklir Terkuat Prancis, Bisa Jadi Andalan untuk Tantang Rusia
Prancis miliki tiga senjata nuklir terkuat, bisa menjadi andalan untuk menantang Rusia. Foto/Missile Threat
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga senjata nuklir terkuat Prancis yang diketahui. Masing-masing bisa diandalkan dalam jalannya pertempuran.

Prancis menjadi salah satu negara pemilik senjata nuklir di dunia. Menurut perkiraan, negara NATO ini memiliki 290 hulu ledak yang terbagi menjadi sejumlah persenjataan berbeda.

Senjata Nuklir Terkuat Prancis

1. ASMPA


ASMPA merupakan singkatan dari air-sol moyenne portée-amélioré. Senjata ini merupakan rudal jelajah berkemampuan nuklir.

Mengutip laman Bulletin of the Atomic Scientists, rudal ASMPA diluncurkan dari udara melalui pesawat pengebom yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Strategis (FAS).

Pada penggunaannya, FAS bisa menggunakan pesawat Rafale BF3 yang memiliki kemampuan nuklir. Rudal ASMPA punya jangkauan hingga 500 kilometer.

Rudal jelajah ini pertama kali beroperasi sekitar 2009. Adapun peruntukannya adalah sebagai suksesor rudal ASMP yang lama.

Prancis sendiri tercatat sudah memproduksi total 54 ASMPA, termasuk untuk pengujian penerbangan. Pada perkembangannya, mereka mengembangkan rudal tersebut menjadi air-sol moyenne portée-amélioré rénové atau ASMPA-R.

2. M51


Berikutnya ada M51. Senjata ini adalah sebuah rudal balistik jarak jauh berkemampuan MIRV.

Mengutip Missile Threat, M51 dapat diluncurkan melalui kapal selam Prancis. Senjata tersebut dikatakan sebagai salah satu komponen inti dari kekuatan nuklir Prancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)