7 Negara Barat Ini Terus Pasok Senjata ke Israel Meski Sudah Bunuh 31.000 Warga Gaza

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:25 WIB
loading...
A A A
Pemerintah telah menanggapi kekhawatiran tersebut dengan mengacu pada sistem perizinan ekspor strategis Inggris, yang mana semua permohonan izin untuk mengekspor peralatan militer dan barang-barang terkait dinilai berdasarkan serangkaian kriteria—yang dapat diubah sesuai keadaan—dan menekankan hak untuk membela diri Israel.

2. Denmark


Sebanyak 15 perusahaan Denmark memasok komponen jet tempur F-35 yang digunakan dalam pengeboman Israel di Gaza. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Lars Lokke Rasmussen pada bulan Januari.

Pekan lalu, sekelompok LSM mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka akan menuntut negara Denmark untuk mengakhiri ekspor senjata negara Nordik tersebut ke Israel, dengan alasan kekhawatiran bahwa senjata tersebut digunakan untuk melakukan kejahatan perang terhadap warga sipil di Gaza.

Oxfam Denmark, ActionAid Denmark, Amnesty International dan organisasi hak asasi manusia Palestina; Al-Haq, mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa kasus tersebut telah diajukan terhadap Kementerian Luar Negeri dan Kepolisian Nasional, yang menyetujui penjualan senjata dan peralatan militer Denmark.

Selama beberapa tahun, Denmark telah mengizinkan perusahaan Denmark mengekspor komponen jet tempur F-35 melalui kerja sama pertahanan yang dipimpin Amerika Serikat (AS). AS menjual jet tempur yang sudah jadi ke Israel.

Israel adalah negara pertama—selain AS—yang mengerahkan jet tempur tersebut, menurut pernyataan bersama tersebut.

3. Jerman


Hampir 28 persen ekspor militer Israel berasal dari Jerman. Pada November 2023, pemerintah Jerman menyetujui ekspor peralatan senilai USD323 juta ke Israel, termasuk peralatan untuk sistem pertahanan dan komunikasi.

Dalam beberapa minggu pertama setelah dimulainya serangan Israel di Gaza, Jerman menyetujui 185 permohonan izin ekspor tambahan terkait pasokan senjata dari Israel.

Meskipun Jerman pada dasarnya menyetujui pengiriman kendaraan lapis baja dan peralatan pelindung bagi tentara ke Israel, sebuah laporan di majalah Spiegel pada bulan Januari menyatakan bahwa pemerintah sedang meninjau dan berencana untuk menyetujui pengiriman amunisi tank sensitif yang diminta oleh Israel.

4. Prancis


Prancis telah menjual peralatan militer senilai lebih dari USD226 juta ke Israel selama 10 tahun terakhir, menurut data Kementerian Pertahanan Prancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)