Jet Tempur Siluman F-35 Amerika Serikat Jatuh di South Carolina

Sabtu, 29 September 2018 - 08:05 WIB
Jet Tempur Siluman F-35 Amerika Serikat Jatuh di South Carolina
Jet Tempur Siluman F-35 Amerika Serikat Jatuh di South Carolina
A A A
WASHINGTON - Sebuah pesawat jet tempur siluman F-35B militer Amerika Serikat (AS) jatuh di dekat Marine Corps Air Station Beaufort di South Carolina pada hari Jumat waktu setempat. Penyebab kecelakaan sedang diselidiki.

Pentagon menyatakan, satu-satunya pilot di jet tempur tersebut berhasil dikeluarkan dengan selamat. Dia sedang menjalani pemeriksaan medis karena cedera.

"Sebuah F-35B yang ditempatkan di Marine Corps Air Station Beaufort jatuh di sekitar Beaufort, South Carolina, sekitar pukul 11.45 (EST), hari ini (Jumat waktu setempat)," kata pihak Marine Aircraft Wing Kedua Militer AS dalam sebuah pernyataan.

Jet tempur yang dianggap termahal ini jatuh tepat sebelum tengah hari. F-35B adalah jet tempur F-35 versi pendaratan singkat yang produksi Lockheed Martin.

Seorang pejabat militer AS yang berbicara dalam kondisi anonim kepada Reuters, Sabtu (29/9/2018), mengatakan insiden di South Carolina adalah kecelakaan pertama jet tempur F-35 sejak beroperasi pada 2006.

Baik pejabat militer maupun pemerintah lokal belum berkomentar terkait penyebab kecelakaan.

Jet tempur siluman F-35B baru saja menjadi pemberitaan media internasional setelah digunakan untuk misi tempur pertama kalinya oleh Amerika Serikat di Afghanistan. Jet tempur itu meluncurkan serangan udara terhadap basis Taliban di Kandahar pada hari Kamis lalu.

Meski demikian, Israel pada Mei lalu mengklaim sebagai negara pertama yang menggunakan pesawat tempur siluman F-35 dalam pertempuran.

Kecelakaan di South Carolina terjadi pada hari yang sama ketika Pentagon mengumumkan kontrak senilai USD11,5 miliar untuk 141 jet tempur F-35 dari Lockheed Martin, yang menurunkan harga untuk versi paling umum dari jet siluman sebesar 5,4 persen.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4156 seconds (0.1#10.140)