Bagaimana Malaysia Airlines Bangkit dari Tragedi MH370 dan MH17?

Kamis, 14 Maret 2024 - 13:59 WIB
loading...
Bagaimana Malaysia Airlines Bangkit dari Tragedi MH370 dan MH17?
Malaysia Airlines bangkit setelah terpukul oleh tragedi hilangnya penerbangan MH370 dan ditembak jatuhnya penerbangan MH17. Foto/REUTERS
A A A
KUALA LUMPUR - Sepuluh tahun yang lalu, Malaysia Airlines terpukul oleh dua tragedi besar. Yakni lenyapnya penerbangan MH370 secara misterius dan dirudal jatuhnya penerbangan MH17 di langit Ukraina timur.

Penerbangan MH370 dari Kuala Lumpur ke Beijing lenyap misterius tanpa jejak di Samudra Hindia pada 8 Maret 2014 dengan 239 orang di dalamnya. Meskipun jutaan dolar telah dihabiskan untuk pencarian terbesar dalam sejarah penerbangan, pesawat tersebut masih belum ditemukan.

Maskapai ini masih belum pulih dari tragedi itu ketika pada bulan Juli tahun yang sama, penerbangan MH17 ditembak jatuh di wilayah udara Ukraina timur ketika perang antara pasukan pemerintah dan separatis pro-Rusia berkecamuk.

Seluruh 283 penumpang dan 15 awak pesawat MH17 tewas.

Ada 160 pesawat terbang di atas zona perang hari itu, tetapi MH17 yang tertembak.



Sebuah maskapai penerbangan kehilangan dua jet penumpang dalam lima bulan merupakan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya hingga hari ini.

Banyak yang melihatnya sebagai sebuah kutukan, bagi sebuah maskapai penerbangan yang telah beroperasi selama 70 tahun dan sebagian besar tidak terkena dampak apa pun.

Malaysia Airlines telah lama mempunyai catatan keselamatan yang sangat baik dan bahkan memenangkan penghargaan atas pelayanannya. Ia memiliki armada besar yang terbang ke seluruh dunia dari pangkalannya di Kuala Lumpur.

Namun setelah tragedi pada tahun 2014, penumpang menjadi gelisah.
Pelanggan beralih ke maskapai penerbangan lain dan laporan media menunjukkan penerbangan yang hampir kosong pada rute yang lebih panjang.

Namun tahun lalu, kepala eksekutifnya mengatakan perusahaannya berada di jalur yang tepat untuk meraih laba bersih tahunan pertamanya dalam satu dekade.

Maskapai ini tidak menanggapi pertanyaan BBC namun para analis mengatakan serangkaian pemotongan rute membantu menopang keuangannya, sementara melakukan re-branding dengan penekanan pada keselamatan telah memenangkan kembali pelanggan.

“Sekarang perusahaan ini lebih ramping dan fokus—meskipun ambisinya agak berkurang,” kata pengamat industri penerbangan Greg Waldron, yang dilansir BBC, Kamis (14/3/2024).

Saat ini, Malaysia Airlines terus melintasi angkasa, mengangkut jutaan penumpang di seluruh dunia setiap tahunnya. Jadi bagaimana kelanjutannya?

Pemerintah Malaysia Menyelamatkannya


Segera setelah tragedi kedua, pemerintah Malaysia langsung mengambil tindakan. Maskapai ini adalah maskapai penerbangan nasional dengan lebih dari 20.000 karyawan dan nilai pasar sahamnya anjlok.

Dana Kekayaan Negara (Sovereign Wealth Fund)—Khazanah Nasional—turun tangan. Pada saat itu, mereka sudah memiliki 69% saham perusahaan tersebut.

Sebulan setelah tragedi MH17, maskapai tersebut membeli pemegang saham maskapai lainnya, menghapus perusahaan tersebut dari bursa, mendirikan perusahaan baru dan menyatakan perusahaan lama bangkrut.

Malaysia Airlines dinasionalisasi sepenuhnya—langkah penting pertama untuk menyelamatkan perusahaan.

Di bawah rencana pemulihan pemerintah—yang diberi nama “Membangun Kembali Ikon Nasional”—biaya tiket juga dipangkas sementara para akuntan mengambil tindakan yang cermat dalam operasional perusahaan.

Sebelum tahun 2014, maskapai ini sudah mulai memotong rute yang panjang dan tidak menguntungkan ke tempat-tempat seperti Amerika Utara dan Selatan serta Afrika Selatan.

Setelah tahun 2014, maskapai ini dengan sungguh-sungguh menghentikan rute-rute tersebut, menghentikan beberapa penerbangan jarak jauh, termasuk ke New York dan Stockholm. Mereka akhirnya menghentikan semua tujuan Eropa kecuali London.

Saat ini, Heathrow tetap menjadi satu-satunya pemberhentian Malaysia Airlines di Eropa—dan ini telah menjadi rute utama penghasil uang, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Selama beberapa tahun terakhir, maskapai ini menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang menjalankan penerbangan nonstop ke London dari Kuala Lumpur setelah British Airways membatalkan rute tersebut selama pandemi.

“Dengan monopoli seperti itu, pada rute utama, sebuah maskapai penerbangan dapat membebankan biaya yang besar, terutama kepada orang-orang yang tidak sensitif terhadap harga dan harus melakukan perjalanan dengan cepat,” kata analis penerbangan Brian Sumers.

Perusahaan ini juga memanfaatkan jeda penerbangan global selama pandemi Covid-19 untuk merestrukturisasi utangnya--namun tetap mempertahankan pesawatnya tetap mengudara, karena menjadi salah satu maskapai penerbangan utama yang mengoperasikan penerbangan repatriasi dari Eropa ke Asia.

Maskapai penerbangan lain di Asia dan Eropa menghentikan penggunaan pesawat selama pandemi ini, sehingga mereka tidak siap menghadapi lonjakan permintaan yang cepat.

Malaysia Airlines, sebaliknya, lebih unggul ketika perbatasan dibuka kembali dan mereka memanfaatkan keuntungan tersebut sebaik-baiknya, kata para analis.

Kawasan Asia-Pasifik memiliki rute tersibuk di dunia—menempati tujuh dari 10 rute internasional teratas—termasuk rute yang paling banyak dilalui, dari Kuala Lumpur ke Singapura.

Ada 4,9 juta kursi terjual pada rute itu saja tahun lalu, menurut perusahaan data lalu lintas udara OAG.

Saat ini, Malaysia Airlines dipandang sebagai maskapai penerbangan kelas menengah yang berfokus pada Oseania, Asia, dan Inggris.

“Mereka berhasil bertahan melalui dukungan pemerintah Malaysia—mampu menjaga keadaan tetap stabil, armada modern dan pesawat modern serta mengelola segala sesuatunya dengan cara yang membuat semuanya tetap berjalan,” kata analis Ellis Taylor dari firma data penerbangan Cirium.

Berurusan dengan Persepsi


Pendekatan yang dilakukan maskapai ini tampaknya telah membuahkan hasil—dan tampaknya hal tersebut berhasil dilakukan oleh banyak pekerja magangselebaran nasional, pertimbangan pragmatis melebihi masa lalu perusahaan.

“Jika lalu lintas udara adalah sesuatu yang harus dilalui, MH370 dan bencana lainnya jelas tidak ada dalam pikiran penumpang saat hendak membeli tiket,” kata Waldron.

“Umumnya mereka melihat harga, tapi kenyamanan juga berperan.”

Hal serupa terjadi pada Hannah Blackiston dari Australia, yang mengambil penerbangan MH dari London kembali ke Adelaide pada akhir tahun 2022. Malaysia Airlines adalah satu-satunya maskapai penerbangan yang mengoperasikan penerbangan langsung.

"Saya memesannya dengan mereka tanpa benar-benar memikirkannya hanya karena harganya murah dan saya kembali menemui ayah saya karena dia sakit," katanya.

Saat memesan penerbangan, dia mengatakan tragedi itu memang terlintas dalam pikirannya tetapi tidak mengganggunya. Namun, ibunya jauh lebih kesal.

"Ibu saya, ketika dia mengetahuinya, sangat marah tentang hal itu—dia berkata, 'Kamu tidak bisa terbang bersama mereka!' Dan saya seperti, 'Bu, jika ada orang yang ingin mematuhi peraturan keselamatan mereka, orang-orang ini adalah orangnya'," katanya.

Perjalanannya lancar dan pelayanannya bagus, katanya.

"Pengalaman terbangnya luar biasa, mereka adalah penyedia yang sangat baik. Tidak ada yang membuat saya enggan terbang bersama mereka setelah mendapatkan pengalaman positif. Jadi, ya, itu membuat saya merasa sedikit lebih baik tentang merek tersebut secara umum dan keselamatan dan saya akan terbang bersama mereka lagi," ujarnya.

Dokter Australia; Abdullah Naji (25), yang saat ini tinggal di kota Penang, Malaysia, mengatakan dia sering terbang bersama Malaysia Airlines, tetapi sebagian besar menggunakan rute domestik.

“Tentu saja, ada keraguan awal yang wajar yang muncul dari peristiwa bersejarah tersebut, namun tindakan yang diambil pasca-MH370-lah yang telah mengembalikan kepercayaan saya terhadap maskapai ini,” katanya.

“Upaya maskapai ini dalam melakukan re-branding dan fokus pada keselamatan terbukti, tidak hanya dalam kata-kata namun juga dalam tindakan yang dapat ditindaklanjuti,” katanya.

Dia menunjukkan video keselamatan maskapai tersebut, sebuah lagu dan tarian jazzy yang menyoroti keramahtamahan Malaysia dan menampilkan lirik seperti: "Kita semua bersama-sama" dan "Kita akan menjaga satu sama lain dalam cuaca apa pun".

“Ada rasa solidaritas nasional,” kata Naji.

“Warga setempat cenderung memandang maskapai ini sebagai lambang kebanggaan nasional, mengakui langkah-langkah yang telah diambil menuju pemulihan dan perbaikan sejak MH370.”

Para analis mengatakan basis pelanggan Malaysia yang kuat telah membantu kelangsungan maskapai ini.

Sumers juga menekankan bahwa ketahanan merek ini sejalan dengan maskapai penerbangan nasional lainnya. “Sangat jarang maskapai penerbangan nasional besar mengalami kebangkrutan, bahkan di tengah bencana," katanya.

Namun bagi mereka yang tidak memiliki hubungan tersebut, tragedi yang terkait dengan merek tersebut tampaknya masih berlanjut.

Salah satu penumpang yang berbasis di Singapura mengatakan dia sempat panik ketika menyadari bahwa dia sedang menempuh rute jarak pendek berkode MH dari Langkawi ke Kuala Lumpur. Dia telah memesan penerbangan melalui Singapore Airlines dan tidak menyadari bahwa itu adalah kesepakatan berbagi kode.

Itu adalah penerbangan yang lancar, katanya. "Tetapi saya ingat pernah berbincang-bincang: 'Oh wow, apakah kita sebenarnya berada dalam penerbangan bernomor MH ketika kita naik ke pesawat?"

Naji mengatakan hal itu tergantung pada pengalaman pada akhirnya.

"Dulu saya sangat sadar akan hal ini ketika naik ke pesawat, namun sekarang saya baik-baik saja karena sudah terbang bersama mereka beberapa kali," katanya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)