Putin Siap Perang Nuklir, Seberapa Besar dan Siapa Pengendali Senjata Atom Rusia?

Kamis, 14 Maret 2024 - 08:18 WIB
loading...
Putin Siap Perang Nuklir, Seberapa Besar dan Siapa Pengendali Senjata Atom Rusia?
Presiden Vladimir Putin memperingatkan negara-negara Barat bahwa Rusia siap untuk perang nuklir. Foto/YouTube REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin pada hari Rabu memperingatkan negara-negara Barat bahwa Rusia secara teknis siap untuk perang nuklir.

Menurutnya, jika Amerika Serikat (AS) mengirim pasukan ke Ukraina, tindakan tersebut akan dianggap sebagai eskalasi perang yang signifikan.

“Bagi kami [konflik Ukraina] adalah masalah hidup dan mati; bagi mereka ini adalah masalah meningkatkan posisi taktis mereka [secara global dan di Eropa],” kata Putin.

Putin menegaskan bahwa Rusia siap jika AS mencoba “bermain ayam".

"Moskow siap menggunakan senjata nuklir dan menganggap persenjataannya lebih canggih dibandingkan milik negara lain," tegas Putin.



5 Fakta Penting Tentang Persenjataan Nuklir Rusia

1. Negara Adidaya Nuklir


Rusia, yang mewarisi senjata nuklir Uni Soviet, memiliki gudang hulu ledak nuklir terbesar di dunia.

Putin mengendalikan sekitar 5.580 hulu ledak nuklir, menurut Federasi Ilmuwan Amerika (FAS).

Menurut FAS, dari jumlah tersebut, sekitar 1.200 sudah pensiun namun sebagian besar masih utuh dan sekitar 4.380 ditimbun untuk digunakan oleh peluncur strategis jarak jauh dan kekuatan nuklir taktis jarak pendek.

Masih menurut FAS, dari hulu ledak yang ditimbun, 1.710 hulu ledak strategis dikerahkan: sekitar 870 pada rudal balistik berbasis darat, sekitar 640 pada rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam, dan mungkin 200 pada pangkalan pengebom berat.

Angka-angka tersebut berarti bahwa Moskow dapat menghancurkan dunia berkali-kali lipat.

Selama Perang Dingin, Uni Soviet mempunyai puncak hulu ledak nuklir sekitar 40.000 buah, sedangkan Amerika Serikat memiliki puncak hulu ledak nuklir sekitar 30.000 buah.

2. Dalam Keadaan Apa Senjata Nuklir Digunakan?


Doktrin nuklir Rusia yang diterbitkan pada tahun 2020 menetapkan kondisi-kondisi di mana seorang presiden Rusia akan mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir.

Secara umum sebagai respons terhadap serangan yang menggunakan nuklir atau senjata pemusnah massal lainnya, maupun terhadap penggunaan senjata konvensional melawan Rusia ketika eksistensi negara berada dalam ancaman.

3. Senjata Nuklir yang Lebih Baru


Amerika Serikat mengatakan dalam Tinjauan Postur Nuklir tahun 2022 bahwa Rusia dan China sedang memperluas dan memodernisasi kekuatan nuklir mereka, dan bahwa Washington akan menerapkan pendekatan berdasarkan pengendalian senjata untuk mencegah perlombaan senjata yang memakan banyak biaya.

“Meskipun pernyataan nuklir Rusia dan retorika ancamannya menimbulkan kekhawatiran besar, persenjataan dan operasi nuklir Rusia tidak banyak berubah sejak perkiraan kami pada tahun 2023 selain modernisasi yang sedang berlangsung,” kata FAS dalam analisisnya terhadap pasukan Rusia pada tahun 2024.

“Namun, di masa depan, jumlah hulu ledak yang ditugaskan pada pasukan strategis Rusia mungkin meningkat karena rudal berhulu ledak tunggal digantikan dengan rudal yang dilengkapi dengan banyak hulu ledak,” kata FAS.

4. Tes Senjata Nuklir


Putin mengatakan Rusia akan mempertimbangkan uji coba senjata nuklir jika Amerika Serikat melakukannya.

Tahun lalu, dia menandatangani undang-undang yang menarik ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif (CTBT) Rusia.

Rusia pasca-Soviet belum melakukan uji coba senjata nuklir.

Sejak Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, hanya beberapa negara yang telah melakukan uji coba senjata nuklir. Menurut Arms Control Association, Amerika Serikat terakhir kali melakukan uji coba pada tahun 1992.

Kemudian China dan Prancis melakukannya pada tahun 1996, India dan Pakistan pada tahun 1998, dan Korea Utara pada tahun 2017.

Uni Soviet terakhir kali mengujinya pada tahun 1990.

Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif ditandatangani oleh Rusia pada tahun 1996 dan diratifikasi pada tahun 2000. Amerika Serikat menandatangani perjanjian tersebut pada tahun 1996 namun belum meratifikasinya.

5. Siapa Pemberi Perintah Rusia Luncurkan Serangan Nuklir?


Presiden adalah pengambil keputusan utama mengenai penggunaan senjata nuklir Rusia.

Koper yang disebut tas nuklir atau “Cheget”—dinamai dari Gunung Cheget di Pegunungan Kaukasus—selalu ada di tangan presiden.

Menteri Pertahanan Rusia saat ini Sergei Shoigu dan kepala staf umum saat ini Valery Gerasimov juga diperkirakan memiliki tas tersebut.

Pada dasarnya, tas kerja tersebut adalah alat komunikasi yang menghubungkan presiden dengan petinggi militernya dan kemudian dengan pasukan roket melalui jaringan komando dan kendali elektronik Kazbek yang sangat rahasia. Kazbek mendukung sistem lain yang dikenal sebagai “Kavkaz”.

Rekaman yang ditayangkan oleh saluran televisi Rusia; Zvezda, pada tahun 2019 menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai salah satu koper kerja dengan serangkaian kancing. Di bagian yang disebut "komando" ada dua tombol: tombol "luncurkan" berwarna putih dan tombol "batal" berwarna merah.

Koper tersebut diaktifkan dengan kartu flash khusus, menurut Zvezda.

Jika Rusia mengira akan menghadapi serangan nuklir strategis, presiden, melalui kopernya, akan mengirimkan perintah peluncuran langsung ke unit komando staf umum dan komando cadangan yang memegang kode nuklir. Perintah-perintah tersebut mengalir dengan cepat ke berbagai sistem komunikasi ke unit-unit kekuatan roket strategis, yang kemudian menembaki Amerika Serikat dan Eropa.

Jika serangan nuklir terkonfirmasi, Putin dapat mengaktifkan apa yang disebut sistem "Dead Hand (Tangan Mati)” atau “Perimetri” sebagai upaya terakhir—pada dasarnya komputer akan menentukan "hari kiamat".

Sebuah roket kendali kemudian akan memerintahkan serangan nuklir dari seluruh gudang senjata Rusia yang luas.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)