Rusia Kirim Senjata Pengubah Permainan ke Ukraina, Seperti Apa?

Rabu, 13 Maret 2024 - 15:58 WIB
loading...
Rusia Kirim Senjata Pengubah Permainan ke Ukraina, Seperti Apa?
Rusia mengirimkan bom yang akan menjadi pengubah permainan di perang Ukraina. Foto/Press TV
A A A
MOSKOW - Angkatan udara Rusia telah mulai mengerahkan bom udara yang kuat untuk melawan Ukraina di tengah kekurangan amunisi di Kiev yang disediakan oleh AS dan sekutu Barat lainnya.

Kementerian Pertahanan Rusia memuji amunisi luncur FAB-500 sebagai “pengubah permainan” dalam perang Ukraina karena potensi destruktif dan jangkauan jelajah hingga 80 kilometer.

Mereka juga mengerahkan FAB-1500, FAB-1500 – senjata seberat 1,5 ton, hampir setengahnya terdiri dari bahan peledak berkekuatan tinggi.

Melansir Press TV, bom-bom tersebut dilengkapi dengan modul perencanaan dan koreksi terpadu (UMPC), yang mengubah bom yang jatuh bebas menjadi amunisi luncur terpandu.

Selain drone, rudal, dan artileri Rusia, bom luncur telah menimbulkan gelombang baru kekuatan destruktif pada operasi Moskow di Ukraina timur, seperti yang terjadi pada perebutan kota garis depan Avdiivka baru-baru ini.

Menurut para ahli Barat, bahan peledak yang ditingkatkan ini telah menunjukkan keefektifannya yang luar biasa terhadap pasukan Ukraina, ketika pasukan di Kiev berjuang untuk melawan persenjataan seperti kekurangan amunisi AS.

“Bom-bom ini benar-benar menghancurkan posisi apapun. Semua bangunan dan struktur akan berubah menjadi lubang setelah kedatangan satu orang saja,” kenang salah satu pejuang brigade penyerangan Ukraina yang beroperasi di dekat Avdeevka, yang ditangkap oleh pasukan Rusia bulan lalu.

Militer Ukraina juga menggunakan bom berpemandu, termasuk sistem Joint Direct Attack Munition (JDAM) buatan AS.

Namun, tidak seperti Kremlin, ketersediaan senjata di Kiev sangat terbatas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)