Mengenal Gargee'an, Tradisi Unik Warga Arab Saudi di Bulan Ramadan

Selasa, 12 Maret 2024 - 15:45 WIB
loading...
Mengenal Gargeean, Tradisi Unik Warga Arab Saudi di Bulan Ramadan
Anak-anak mendapatkan permen dan makanan saat perayaan Gargee’an di Arab Saudi. Foto/X/@BaytAlFann
A A A
RIYADH - Arab Saudi memiliki beragam tradisi unik yang bisa ditemui selama bulan Ramadan. Menariknya, tradisi-tradisi tersebut memiliki sejarah panjang dan masih terus dilestarikan hingga sekarang.

Umat Islam di seluruh dunia sudah memasuki bulan Ramadan. Pada momen ini, umat Muslim akan menjalani ibadah puasa wajib selama sebulan penuh.

Sebagaimana negara-negara lain yang warganya banyak menjalankan puasa Ramadan, Arab Saudi memiliki berbagai tradisi unik selama bulan tersebut. Salah satunya bernama Gargee’an.

Lantas, apa itu sebenarnya Gargee’an? Simak ulasannya berikut ini untuk mengenalnya lebih jauh.

Tradisi Gargee’an Arab Saudi di Bulan Ramadan


Gargee’an merupakan tradisi perayaan yang biasa dilakukan warga Arab Saudi. Mengutip Arab News, Selasa (12/3/2024), perayaan ini melibatkan anak-anak yang nantinya akan mengenakan pakaian tradisional dan berkunjung dari rumah ke rumah untuk menerima permen atau kacang-kacangan.

Selama setahun dalam penanggalan Islam, perayaan Gargee'an dilakukan sebanyak dua kali. Adapun masing-masing adalah pada tanggal 15 Sya'ban dan 15 Ramadhan.

Pada tradisi ini, anak-anak mengenakan pakaian tradisional yang khas. Bagi anak laki-laki bisa memakai thobes dan ghutra, sedangkan anak perempuan mengenakan jalabiya.

Setelah memakai baju tradisional, mereka akan bermain-main sambil bernyanyi dari rumah ke rumah dan saling bertukar permen atau kacang-kacangan. Demi menjaga keamanan, jalan-jalan terkadang juga ditutup saat perayaan dimulai.

Lebih jauh, perayaan tradisi Gargee'an terus dilestarikan guna mengingatkan masyarakat lokal akan masa lalu budayanya. Tak hanya merayakan kegembiraan Ramadan, tradisi ini juga menyatukan lingkungan serta anak-anak.

Pemberian nama Gargee'an dasarnya mengacu pada pemberian hadiah atau barang. Namun, seiring pelaksanaannya orang-orang menggunakan nama tersebut untuk merujuk pada hari itu sendiri.

Menariknya, perayaan Gargee’an sebenarnya tak hanya berlangsung di Arab Saudi saja. Umumnya tradisi ini juga dihelat negara-negara Teluk atau bagian timur Semenanjung Arab seperti Kuwait, Bahrain, Irak, Uni Emirat Arab.

Demikianlah ulasan mengenai tradisi perayaan Gargee-an yang biasa dilakukan warga Arab Saudi di bulan Ramadan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)