LATAM Airlines Bawa 278 Orang 'Jatuh Bebas', Para Penumpang Terlempar dari Kursi

Selasa, 12 Maret 2024 - 07:44 WIB
loading...
LATAM Airlines Bawa 278 Orang Jatuh Bebas, Para Penumpang Terlempar dari Kursi
Sebuah pesawat Boeing 787 yang dioperasikan LATAM Airlines jatuh bebas di tengah penerbangan dari Sydney ke Auckland pada hari Senin. Insiden ini membuat para penumpang terlempar dari kursinya ke lorong. Foto/REUTERS
A A A
SYDNEY - Sebuah pesawat Boeing 787 yang dioperasikan LATAM Airlines tiba-tiba "jatuh bebas" di tengah penerbangan dari Sydney ke Auckland pada hari Senin. Insiden mengerikan itu membuat para penumpang terlempar dari kursinya ke lorong.

Penerbangan itu membawa 278 orang, yang terdiri dari 263 penumpang dan sembilan awak.

Menurut maskapai penerbangan dan organisasi layanan kesehatan Selandia Baru, setidaknya 50 orang terluka dalam insiden tersebut.

Pesawat mengalami guncangan hebat dan akibatnya, 10 penumpang dan tiga awak kabin dilarikan ke rumah sakit. Demikian pengumuman maskapai penerbangan Amerika Selatan tersebut saat menyelidiki penyebab insiden.

Meski mengalami insiden menakutkan, penerbangan tersebut masih berhasil mendarat dengan selamat di bandara Auckland sesuai jadwal pada Senin sore.



Satu orang berada dalam kondisi serius sementara sisanya menderita luka ringan hingga sedang, kata organisasi St John Ambulance, yang merawat sekitar 50 orang di bandara.

“Pesawat ini, tanpa pemberitahuan, baru saja jatuh. Maksud saya, pesawat itu jatuh tidak seperti yang pernah saya alami dalam turbulensi kecil apa pun, dan orang-orang terlempar dari tempat duduknya, terbentur atap pesawat, terlempar ke lorong,” kata seorang penumpang, Brian Jokat, kepada BBC, yang dilansir Selasa (12/3/2024).

Penyebab perubahan lintasan LATAM 800 yang tiba-tiba tidak dapat dipastikan dengan segera. Pakar keselamatan mengatakan sebagian besar kecelakaan pesawat disebabkan oleh berbagai faktor yang perlu diselidiki secara menyeluruh.

“Beberapa panel atap pecah karena orang-orang terlempar dan menabrak panel atap plastik di lorong. Dan ada darah keluar dari kepala beberapa orang," papar Jokat yang tidak terluka dalam kejadian tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)