Inggris Ungkap 2 Ledakan Dekat Kapal di Lepas Pantai Aden

Sabtu, 09 Maret 2024 - 21:30 WIB
loading...
Inggris Ungkap 2 Ledakan Dekat Kapal di Lepas Pantai Aden
Kapal kargo dihantam rudal balistik anti-kapal (ASBM) yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi menuju M/V True Confidence, kapal milik Liberia berbendera Barbados, saat transit di Teluk Aden pada 6 Maret 2024. Foto/CENTCOM/Anadolu
A A A
SANAA - Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengumumkan pada Jumat (8/3/2024) bahwa dua ledakan terjadi di dekat satu kapal di lepas pantai Aden, Yaman.

Pihak berwenang memposting ringkasan harian di X, “UKMTO menerima laporan tentang insiden 50 mil laut tenggara Aden, Yaman. Pihak berwenang sedang menyelidikinya.”

Otoritas Inggris meminta kapal-kapal yang berlayar di wilayah tersebut untuk, “Transit dengan hati-hati dan melaporkan aktivitas mencurigakan apa pun ke UKMTO.”

Dikatakan pihaknya menerima laporan, “Dua ledakan di depan kapal. Kapal dan awaknya dilaporkan selamat.”

Selama berbulan-bulan, UKMTO telah mengumumkan serangan yang menargetkan kapal-kapal komersial yang melewati Tanduk Afrika dan Laut Merah.

Ketegangan meningkat di wilayah tersebut seiring Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang menargetkan situs-situs Houthi di Yaman, sebagai tanggapan atas serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Sebagai solidaritas dengan Gaza, yang telah menjadi sasaran perang Israel yang menghancurkan dengan dukungan AS sejak 7 Oktober 2023, Houthi menargetkan kapal-kapal kargo yang terkait dengan Israel di Laut Merah.

Houthi menggunakan drone dan rudal, yang berdampak negatif terhadap pergerakan pelayaran, perdagangan dan rantai pasokan global.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)