5 Kelompok Pejuang di Gaza Mengurangi Intensitas Serangan ke Pasukan Israel, Ada Apa?

Rabu, 06 Maret 2024 - 17:34 WIB
loading...
5 Kelompok Pejuang di Gaza Mengurangi Intensitas Serangan ke Pasukan Israel, Ada Apa?
Lima kelompok pejuang di Gaza mengurangi intensitas serangan ke Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Lima kelompok bersenjata Palestina yang berperang melawan pasukan Israel di Jalur Gaza tidak melaporkan adanya serangan di tengan intensitas perundingan gencata. Sementara dua kelompok lainnya melaporkan masing-masing satu serangan terhadap militer Israel di daerah kantong tersebut.

Dalam apa yang digambarkan oleh para pengamat sebagai laporan pertempuran yang “sangat rendah”, penurunan tersebut terjadi sehari setelah kelompok bersenjata Palestina mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah melancarkan setidaknya 15 serangan terhadap pasukan Israel di Gaza.

“Penurunan klaim ini menunjukkan penurunan tajam aktivitas milisi Palestina di Jalur Gaza, namun hal ini tidak menunjukkan bahwa tindakan Israel telah menghancurkan atau mengalahkan Hamas,” ungkap Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP), dilansir Al Jazeera.

Menurut ISW dan CTP, keduanya merupakan lembaga pemikir pertahanan yang bermarkas di Amerika Serikat, ada dua kemungkinan kesimpulan yang bisa diambil dari diamnya hal ini: Pasukan Israel tidak lagi hadir secara permanen di Kota Gaza, oleh karena itu target serangan pejuang Palestina menjadi lebih sedikit. Atau, para pejuang Palestina menghadapi masalah komunikasi – meskipun hal ini tidak akan berdampak pada semua kelompok secara bersamaan, kata para pemantau.

“Pejuang Palestina tampaknya melakukan pertahanan yang penuh semangat ketika pasukan Israel menampilkan diri mereka sebagai sasaran jauh di Jalur Gaza,” ungkap ISW dan CTP. Mereka juga mencatat, menambahkan bahwa pejuang Palestina menyerang pasukan Israel sebanyak 92 kali dalam 11 hari selama operasi Israel baru-baru ini untuk membersihkan wilayah Zeitoun.



Sementara itu, militer Israel mengatakan pasukannya membunuh lebih dari 20 pejuang Hamas dalam 24 jam terakhir. Mayoritas pejuang tewas di kota selatan Khan Younis, termasuk 15 orang akibat satu serangan udara.

Sebuah jet tempur juga menewaskan dua pejuang di sebuah kompleks militer di kota Beit Hanoon di timur laut, katanya, dan menambahkan bahwa di antara mereka yang tewas adalah dua orang yang ikut serta dalam serangan 7 Oktober.

Wafa melaporkan serangan terbaru Israel di Khan Younis, Deir el-Balah, dan di seluruh Gaza tengah telah menewaskan banyak warga sipil,

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)