5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

Rabu, 06 Maret 2024 - 20:40 WIB
loading...
A A A
Setelah Kristen, Islam adalah agama kedua yang paling banyak dilaporkan di Kanada pada tahun 2021, dengan jumlah penduduk hampir 1,8 juta, atau 1 dari 20 orang. Dalam 20 tahun, jumlah populasi Muslim di Kanada meningkat lebih dari dua kali lipat—naik dari 2,0 persen pada tahun 2001 menjadi 4,9 persen pada tahun 2021.

Bahkan New Canadian Media melaporkan, Islam merupakan agama terpopuler kedua di Kanada. Itu tidak lepas karena banyak migran baru yang masuk ke Kanada berasal dari negara Muslim.

Umumnya, seperti halnya imigran pada umumnya, imigran Muslim datang ke Kanada karena berbagai alasan. Ini termasuk pendidikan tinggi, keamanan, pekerjaan, dan reunifikasi keluarga. Yang lainnya datang demi kebebasan beragama dan politik, serta keselamatan dan keamanan, meninggalkan perang saudara, penganiayaan, dan bentuk perselisihan sipil dan etnis lainnya. Namun secara umum hampir setiap negara Muslim di dunia telah mengirim imigran ke Kanada – mulai dari Pakistan, Bosnia dan Herzegovina, Albania, hingga Yaman dan Bangladesh.


3. Suriname

5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

Foto/Reuters

Melansir mediorientedintorni, dengan sekitar 14% warga Muslim, Suriname adalah negara di Amerika Selatan di mana agama ini paling banyak dianut oleh persentase penduduknya, sedemikian rupa sehingga pada tahun 1996 menjadi bagian dari Organisasi Kerja Sama Islam; sampai saat ini umat beriman berjumlah sekitar 500.000 antara Sunni, Ahmadiyah dan tidak terafiliasi.

Namun perlu ditegaskan bahwa Islam bukanlah agama pertama di negara ini, bahkan bukan agama kedua; pada titik-titik tersebut terdapat agama Kristen, dengan sekitar 48% populasi, dan Hindu dengan sekitar 22%.

4. Guyana

5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

Foto/Reuters

Sekitar 7,2 persen penduduk Guyana adalah Muslim, mewakili 54.050 orang, banyak di antaranya adalah keturunan buruh kontrak dari India.Organisasi Islam terbesar di negara ini adalah Guyana Islamic Trust.

Hingga tahun 1970-an, hari raya umat Islam belum diakui secara resmi. Sejumlah hari keagamaan non-Kristen kini menjadi hari libur umum. Hari libur umat Islam termasuk Idul Fitri, akhir Ramadan, bulan suci puasa; Idul Adha, hari raya kurban; dan Maulid, hari lahir Muhammad. Tanggal hari libur ini bervariasi menurut kalender Islam.

5. Trinidad dan Tobago

5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

Foto/Reuters

Warga Muslim merepresentasikan 5,6 persen dari populasi Trinidad dan Tobago.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)