Berebut Pelanggan, Waria Thailand dan Filipina Bentrok di Bangkok

Rabu, 06 Maret 2024 - 14:39 WIB
loading...
Berebut Pelanggan, Waria Thailand dan Filipina Bentrok di Bangkok
Waria Thailand dan Filipina bentrok di Bangkok. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Ketegangan meningkat antara kelompok waria Thailand dan Filipina di Sukhumvit Soi 11 di Bangkok, yang mengakibatkan kedua belah pihak terluka pada Selasa (5/3/2024). Itu memicu kritik dan memancing nasionalisme di media sosial Thailand.

Dilaporkan bahwa sekelompok sekitar dua puluh transgender Filipina telah dikepung oleh ratusan massa transgender Thailand yang marah di sebuah hotel di Sukhumvit Soi 11 pada Selasa pagi. Itu dikarenakan adanya keributan sebelumnya di mana waria Thailand mengatakan mereka adalah diejek, diberi jari tengah, dan menyerang terlebih dahulu. Apalagi, rekaman videonya tersebar di media sosial di Filipina.

Polisi harus meminta bantuan untuk memastikan keselamatan beberapa transgender Filipina yang terjebak di dalam sebuah hotel dan menjadi sasaran massa Thailand yang marah. Meskipun polisi berupaya menenangkan situasi, kekerasan tetap terjadi, dan beberapa transgender Filipina diserang secara fisik saat mereka dikawal keluar dari hotel.

Saat polisi mengawal para transgender Filipina dan meminta agar massa tidak melakukan kekerasan, kelompok asal Thailand tersebut melemparkan botol ke arah mereka di hadapan polisi. Mereka kemudian bergegas maju dan menyerang rakyat Filipina tanpa henti. Mereka bahkan terjun ke tengah formasi polisi untuk melanjutkan penyerangan.

Polisi tidak mampu mengendalikan situasi dengan cepat, namun mereka mampu melakukannya kemudian dengan membawa kedua pihak yang terlibat untuk diperiksa di kantor polisi.

Witawat Chinkam, komandan Kepolisian Daerah Metropolitan 5, mengatakan bahwa polisi sedang mencari tahu apakah ada kelompok berpengaruh di Thailand di balik transgender Filipina yang menjual seks di Sukhumvit Soi 11. Polisi sedang menunggu informasi dari Biro Imigrasi untuk memeriksa sejarah kejadian tersebut. kelompok transgender Filipina.



Pavin Chachavalpongpun, seorang profesor di Pusat Studi Asia Tenggara Universitas Kyoto yang secara terbuka mengidentifikasi diri sebagai LGBTQ+, berkomentar bahwa meskipun reaksi awal terhadap berita tersebut mungkin terhibur dengan situasi seperti bentrokan antara transgender Thailand dan Filipina, pemahaman yang lebih berbeda mengungkapkan hal yang sama. masalah yang lebih dalam.

Insiden baru-baru ini, termasuk yang terjadi di Phuket di mana penduduk setempat berkumpul untuk menuntut deportasi wisatawan Swiss, mencerminkan meningkatnya sentimen nasionalisme yang menolak campur tangan asing. Meskipun upaya hukum dapat mengatasi insiden-insiden tersebut tanpa menggunakan kekerasan, tantangan utamanya adalah membina hidup berdampingan secara damai dan hubungan bertetangga dalam komunitas ASEAN.

"Baiklah kalau begitu. Saran saya mungkin terdengar kompromistis, namun setelah bertahun-tahun mengajarkan nasionalisme, jika api nasionalisme tersulut, akan sulit untuk memadamkannya, dan kedua belah pihak akan menderita. Hal ini bahkan tidak menyentuh kebutuhan untuk hidup berdampingan secara damai dengan negara-negara tetangga kita, terutama di ASEAN. Bukankah kita seharusnya saling mencintai? Dan upaya membangun identitas regional bersama ini, apakah saat ini hancur semua karena gempuran pasukan transgender Thailand?,” kata Pavin, dilansir khaosodenglish.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)