Pasukan AS Cegat 2 Rudal Jelajah yang Diluncurkan Houthi di Laut Merah

Selasa, 05 Maret 2024 - 18:33 WIB
loading...
Pasukan AS Cegat 2 Rudal Jelajah yang Diluncurkan Houthi di Laut Merah
Jet tempur mendarat di atas kapal induk AS, USS Theodore Roosevelt. Foto/AP
A A A
SANAA - Militer Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara pertahanan diri terhadap dua rudal jelajah yang diluncurkan Houthi.

Rudal jelajah Houthi itu menjadi “ancaman besar” terhadap kapal-kapal di Laut Merah, menurut pernyataan Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Selasa (5/3/2024).

“Pada pukul 8 malam (waktu Sanaa) atau 17:00 GMT, pasukan CENTCOM melakukan serangan pertahanan diri terhadap dua rudal jelajah anti-kapal yang menimbulkan ancaman terhadap kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut. Tindakan ini diambil untuk melindungi kebebasan navigasi dan membuat perairan internasional lebih aman bagi kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS,” tulis CENTCOM di X.

“Dalam periode antara pukul 15:50 dan 16:15 (12:50 dan 13:15 GMT) gerakan Houthi meluncurkan dua rudal jelajah anti-kapal terhadap kapal kontainer berbendera Liberia,” papar pusat komando tersebut.

CENTCOM menambahkan, salah satu rudal tersebut mengenai kapal kontainer berbendera Liberia. menabrak kapal, meninggalkan beberapa kerusakan. Namun, tidak ada korban yang dilaporkan.

Gerakan Ansar Allah Yaman atau dikenal sebagai Houthi, bersumpah pada November 2023 untuk menyerang kapal apa pun yang terkait dengan Israel sampai mereka menghentikan aksi militer di Jalur Gaza.

Hal ini menyebabkan Amerika Serikat mengumumkan pembentukan operasi multinasional untuk mengamankan navigasi di Laut Merah.

Pasukan AS dan Inggris kemudian melancarkan serangan besar-besaran terhadap posisi Houthi dalam upaya menurunkan kemampuan pejuang dalam menargetkan kapal komersial.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)