Uni Eropa kepada Zelensky: Senjata Kami untuk Ukraina Tidak Gratis!

Selasa, 05 Maret 2024 - 07:13 WIB
loading...
A A A
Yang pertama memang melibatkan sumbangan. "Dan Uni Eropa telah memberikan 300.000 butir peluru secara gratis kepada Ukraina," katanya, seraya menambahkan bahwa pada bulan Maret jumlah tersebut akan bertambah menjadi 550.000 butir.

Jalur kedua mengharuskan pemerintah Ukraina membeli amunisi langsung dari perusahaan pertahanan Uni Eropa. Breton mengatakan Kyiv telah membeli sekitar 350.000 peluru artileri dari produsen sejak janji tersebut dibuat.

Bersama dengan sumbangan Uni Eropa, pembelian tersebut akan menjadikan jumlah total peluru artileri yang akan dipasok oleh blok tersebut ke Ukraina pada akhir Maret menjadi sekitar 900.000.

"Jika mereka masih menginginkan lebih, Kyiv dapat terus membeli langsung dari industri kami,” kata Breton.

Dia menambahkan bahwa Uni Eropa telah memberikan bantuan keuangan kepada pemerintah Ukraina sebesar €1,5 miliar (USD1,63 miliar) per bulan, yang berarti mereka mampu membeli amunisi sendiri.

Bagian ketiga dari rencana tersebut, kata Breton, mencakup sumbangan bilateral dari masing-masing negara anggota Uni Eropa, yang belum dipublikasikan.

Menurutnya, sebagai hasil dari semua upaya ini, blok Eropa tersebut sudah berhasil mencapai targetnya.

Namun, komentar Breton tampaknya bertentangan dengan pernyataan sebelumnya yang dibuat oleh Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell, yang mengatakan pada bulan Januari bahwa Brussel akan gagal memenuhi janjinya untuk memberi Ukraina satu juta peluru artileri 155 mm pada bulan Maret, menjelaskan bahwa lebih dari setengah jumlah yang akan diberikan.

Kyiv telah berulang kali menuduh negara-negara pendukungnya di Barat tidak menyediakan pasokan militer yang cukup. Pada akhir Februari, Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov mengatakan bahwa setengah dari seluruh senjata dan amunisi yang dijanjikan Barat tiba terlambat.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)