Militer Israel Malah Salahkan 118 Warga Palestina yang Dibantai saat Berebut Makanan

Senin, 04 Maret 2024 - 07:51 WIB
loading...
Militer Israel Malah Salahkan 118 Warga Palestina yang Dibantai saat Berebut Makanan
Militer Israel salahkan ratusan warga Palestina yang dibantai saat berebut bantuan makanan di dekat Kota Gaza pada Kamis lalu. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Militer Israel malah menyalahkan para warga Palestina yang menjadi korban dalam insiden berebut bantuan makanan di dekat Kota Gaza pada Kamis lalu.

Pada hari itu, sebanyak 118 warga Palestina tewas dan sekitar 750 lainnya terluka setelah tentara Israel melepaskan tembakan ke arah mereka.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengeklaim ratusan warga Palestina tersebut meninggal akibat terinjak-injak, bukan karena tembakan tentara Zionis.

“IDF telah menyelesaikan tinjauan awal atas insiden malang di mana warga sipil Gaza terinjak-injak hingga tewas dan terluka saat mereka menuju konvoi bantuan,” kata juru bicara militer Daniel Hagari dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

“Tinjauan awal kami mengonfirmasi bahwa tidak ada serangan yang dilakukan IDF terhadap konvoi bantuan.”



Klaim IDF bertolak belakang dengan pernyataan otoritas kesehatan Gaza yang mengatakan para korban yang dibawa ke rumah sakit terkena amunisi kaliber besar.

Pernyataan IDF muncul di tengah kecaman internasional atas kematian massal warga Palestina tersebut.

Hagari pada dasarnya menegaskan kembali klaim yang dibuatnya sebelum penyelidikan IDF, dengan mengatakan bahwa tentara memfasilitasi pengiriman bantuan dan melepaskan tembakan peringatan ketika warga sipil menyerbu ke arah konvoi kemanusiaan saat melihat truk tersebut.
“Mayoritas warga Palestina tewas atau terluka akibat terinjak-injak,” katanya.

Menurutnya, pada saat itu, setelah melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan massa, tentara IDF mulai mundur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)