Shehbaz Sharif Akan Dilantik sebagai PM Pakistan

Minggu, 03 Maret 2024 - 14:22 WIB
loading...
Shehbaz Sharif Akan Dilantik sebagai PM Pakistan
Shehbaz Sharif akan dilantik sebagai PM Pakistan. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Politisi Pakistan Shehbaz Sharif pada Minggu (3/3/2024) ditetapkan menjadi perdana menteri untuk kedua kalinya dalam pemungutan suara oleh parlemen yang baru dibentuk di negara itu. Itu berlangsung tiga minggu setelah pemilu nasional yang tidak menentu menyebabkan pembentukan pemerintahan koalisi.

Warga Pakistan memberikan suara di tempat pemungutan suara pada tanggal 8 Februari dalam pemungutan suara yang dirusak oleh penutupan internet seluler pada hari pemilihan; penangkapan dan kekerasan yang terjadi; dan hasil yang sangat tertunda, sehingga menimbulkan tuduhan bahwa pemungutan suara tersebut telah dicurangi.

Sharif akan kembali ke jabatannya hingga Agustus ketika parlemen dibubarkan menjelang pemilu dan pemerintahan sementara mengambil alih kekuasaan.

Pemungutan suara di parlemen negara itu, yang pertama kali diadakan pada hari Kamis, akan berlangsung di tengah keamanan yang ketat ketika para kandidat yang didukung oleh mantan perdana menteri yang dipenjara, Imran Khan, memprotes hasil pemilu dan menyerukan pembebasannya.

Sharif, 72, adalah adik dari tiga kali Perdana Menteri Nawaz Sharif, yang mempelopori kampanye pemilu partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N).



Kandidat yang didukung oleh Khan memperoleh kursi terbanyak tetapi PML-N dan Partai Rakyat Pakistan sepakat untuk membentuk pemerintahan koalisi, yang memungkinkan Shehbaz Sharif terpilih sebagai perdana menteri ketika saudaranya mengundurkan diri.

Pada masa jabatan sebelumnya, pemerintahan Sharif mampu menegosiasikan kesepakatan penting Dana Moneter Internasional (IMF), namun proses tersebut terperosok dalam tantangan dan langkah-langkah yang diperlukan oleh perjanjian tersebut – yang akan berakhir pada bulan April – telah berkontribusi pada kenaikan harga dan menambah tekanan pada masyarakat miskin dan miskin. rumah tangga kelas menengah.

Pemerintahan baru harus segera memulai pembicaraan dengan IMF mengenai perjanjian berikutnya guna menopang perekonomian negara dan juga mengatasi meningkatnya ketidakpuasan atas kemiskinan yang semakin parah.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)