Jet Tempur F-35 AS Mendarat Darurat, Hidung Roda Pendaratan Patah

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 00:56 WIB
Jet Tempur F-35 AS Mendarat Darurat, Hidung Roda Pendaratan Patah
Jet Tempur F-35 AS Mendarat Darurat, Hidung Roda Pendaratan Patah
A A A
FLORIDA - Sebuah pesawat jet tempur siluman F-35A Lightning II milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dipaksa mendarat darurat setelah mengalami masalah di tengah-tengah penerbangannya. Saat mendarat darurat di Pangkalan Udara Eglin, Florida, hidung roda pendaratannya patah.

Pesawat jet tempur generasi kelima yang ditugaskan ke Skuadron Tempur ke-58 Angkatan Udara AS itu mengalami malfungsi teknis di atas wilayah udara Florida saat pelatihan. Hal itu yang memaksa F-35 melakukan pendaratan darurat sekitar pukul 12.50 hari Rabu waktu setempat.

"F-35A mengalami keadaan darurat dalam penerbangan dan kembali ke pangkalan. Pesawat mendarat dengan aman dan parkir ketika hidung roda pendaratan patah," kata pihak 33rd Fighter Wing, kelompok divisi terbang profesional untuk F-35 AS, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari rilis di halaman Facebook-nya, Kamis (23/8/2018) malam.

Awak pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian untuk menarik keluar pilot jet tempur tersebut. Tidak ada yang terluka dalam insiden itu.

Pernyataan itu tidak mengungkap penyebab awal F-35 mengalami malfungsi teknis di tengah-tengah penerbangannya. Penyebab hidung roda pendaratan yang patah juga tidak dibahas.

Investigasi terhadap penyebab pendaratan darurat itu sedang berlangsung. Tingkat kerusakan pesawat tempur kebanggaan NATO ini belum diketahui.

Ini bukan pertama kalinya F-35 yang terkenal mahal, yang dibangun oleh Lockheed Martin, dilaporkan telah mengalami masalah dengan roda pendaratannya. Sebuah laporan Pentagon baru-baru ini mencatat bahwa beberapa versi F35 mengalami retak tak terduga di roda pendaratan utama dan rangka strukturalnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3096 seconds (0.1#10.140)