Tegang dengan AS, Turki Perkuat Hubungan dengan Rusia

Rabu, 15 Agustus 2018 - 18:46 WIB
Tegang dengan AS, Turki Perkuat Hubungan dengan Rusia
Tegang dengan AS, Turki Perkuat Hubungan dengan Rusia
A A A
ANKARA - Rusia dan Turki sepakat untuk meningkatkan hubungan diantara kedua negara. Kesepakatan yang dicapai saat terjadi pertemuan antara Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov di Ankara itu terjadi di tengah meningkatnya hubungan antara kedua negara dan Amerika Serikat (AS).

"Kami berada pada titik balik di dunia. Kami berada pada masa transisi dari perintah bipolar ke multi-polarisasi," kata Lavrov pasca bertemu dengan Cavusoglu, seperti dilansir Xinhua pada Rabu (15/8).

"Rusia berharap bahwa pendekatan yang masuk akal akan berlaku dalam hubungan internasional dan negara-negara akan kembali ke dialog depolitisasi," sambungnya.

Dia juga mencatat bahwa Moskow menghargai penolakan Turki untuk bergabung dengan sanksi anti-Rusia oleh Barat, mengatakan bahwa kebijakan sanksi tidak sah dan sanksi yang diprakarasi AS itu tidak akan bertahan lama.

Lavrov kemudian mengatakan, Rusia dan Turki akan melanjutkan pembicaraan untuk implementasi penuh atas perjanjian Astana yang merupakan dasar dari terbentuknya zona de-eskalasi di Suriah, termasuk di Idlib.

Cavusoglu pada gilirannya menyatakan, serangan seporadis di Idlib, dengan alasan untuk menghancurkan kelompok teroris dapat berubah menjadi pembantaian atas warga sipil. Dia menyebut, serangan itu harus dilakukan secara hati-hati dan terkoordinasu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4473 seconds (0.1#10.140)