Siapa Aaron Bushnell? Prajurit Angkatan Udara AS yang Bakar Diri di Kedubes Israel di Washington

Senin, 26 Februari 2024 - 15:22 WIB
loading...
Siapa Aaron Bushnell? Prajurit Angkatan Udara AS yang Bakar Diri di Kedubes Israel di Washington
Aaron Bushnell, prajurit Angkatan Udara AS membakar diri karena tidak ingin menjadi bagian dari genosida di Gaza. Foto/Twitter
A A A
WASHINGTON - Seorang anggota aktif Angkatan Udara AS membakar dirinya sendiri di luar Kedutaan Besar Israel di Washington, DC, pada Minggu. Pria tersebut, yang diidentifikasi sebagai Aaron Bushnell.

“Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida” sebelum memicu aksinya sendiri. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. di blok 3500 International Drive, NW. Departemen Kepolisian Metropolitan meminta bantuan Dinas Rahasia Amerika Serikat mengungkap motif insiden tersebut.

Bushnell mengalami luka akibat insiden tersebut dan dikabarkan meninggal akibat kondisinya tersebut. Itu dilaporkan menurut jurnalis independen Talia Jane, yang memposting di media sosial bahwa dia berhubungan dengan keluarga Bushnell.

Departemen Kepolisian Metropolitan (MPD) mengatakan dalam sebuah postingan di X bahwa mereka juga menyelidiki kendaraan mencurigakan di dekat lokasi kejadian tetapi tidak ditemukan bahan berbahaya.

Juru bicara kedutaan Israel di AS Tal Naim mengatakan kepada media bahwa tidak ada personel kedutaan yang terluka. Dinas Rahasia, MPD, dan Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak (ATF) sedang menyelidiki insiden tersebut.

Juru bicara Angkatan Udara A.S. mengkonfirmasi kepada CNN, New York Times, dan Washington Post bahwa orang yang melakukan pembakaran, sebelum diidentifikasi secara publik, adalah seorang penerbang yang bertugas aktif.

Kebijakan Departemen Pertahanan menyatakan bahwa anggota militer yang bertugas aktif tidak boleh “terlibat dalam aktivitas politik partisan.” Peraturan militer juga melarang penggunaan seragam tersebut selama “pidato publik tidak resmi, wawancara, garis piket, pawai, rapat umum atau demonstrasi publik apa pun yang mungkin menyiratkan sanksi atau dukungan dari [Departemen Pertahanan] atau Dinas Militer.”



Bushnell, yang mengenakan seragam pada hari Minggu di Washington, adalah seorang insinyur DevOps yang berbasis di San Antonio, Texas, menurut profil LinkedIn-nya.

Bushnell dilaporkan mengirim pesan ke media sebelum rencana bakar diri. “Hari ini, saya berencana untuk melakukan aksi protes ekstrem terhadap genosida rakyat Palestina,” dia memperingatkan. Dia juga dilaporkan menyiarkan langsung tindakan tersebut di platform penyiaran web Twitch, yang sejak itu telah menghapus video tersebut karena pelanggaran pedoman dan belum menanggapi permintaan komentar dari TIME.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)