alexametrics

Kapal Inggris Kuntit Dua Kapal Perang Rusia di Selat Inggris

loading...
Kapal Inggris Kuntit Dua Kapal Perang Rusia di Selat Inggris
Kapal perang HMS Diamond Kerajaan Inggris memantau dua kapal perang Rusia di Selat Inggris pada Selasa (7/8/2018). Foto/Kementerian Pertahanan Inggris/PA
A+ A-
LONDON - Sebuah kapal perang Inggris menguntit dua kapal perang Rusia yang melintasi Selat Inggris. Sepanjang tahun ini, sudah dua kali kapal perang Moskow lewat kawasan tersebut.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengatakan, kapal perang HMS Diamond dikirim dari Dover ketika kapal perang Severomorsk dan Marshal Ustinov milik Moskow melintas pada hari Selasa. Pengawalan itu terus dilakukan sampai kedua kapal Moskow benar-benar meninggalkan perairan Inggris.

"Ini adalah kegiatan rutin untuk Angkatan Laut Kerajaan dan kedua kalinya kapal negara saya telah melakukan tugas pengawalan seperti musim panas ini," kata Komandan Kapal HMS Diamond, Ben Keith, seperti dikutip Reuters, Kamis (9/8/2018).

Pada bulan Januari, kapal fregat HMS Westminster Inggris dikirim untuk memantau empat kapal Rusia ketika melewati perairan Inggris. Empat kapal Moskow—Soobrazitelny, Boiky, Paradoks dan Kola—saat itu diyakini sedang kembali dari operasinya di Timur Tengah.

Menurut laporan media Rusia, kapal perang Severomorsk dan Marshal Ustinov baru saja menyelesaikan latihan rutin di Laut Baltik yang berpartisipasi dengan Armada Baltik, Armada Utara, dan Armada Laut Hitam, sebelum akhirnya ikut serta dalam parade Hari Angkatan Laut Rusia pada 29 Juli lalu.

Kedua kapal itu dilaporkan sudah meninggalkan perairan Inggris tanpa insiden berbahaya.

Kehadiran kapal militer Moskow di dekat wilayah Inggris selalu diwaspadai, terutama sejak kedua negara bersitegang. Perseteruan London dan Moskow pernah memanas terkait dugaan serangan racun Novichok terhadap mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya, Yulia Skripal, di Salisbury, beberapa bulan lalu. London menuduh Moskow sebagai pelaku serangan, namun tuduhan itu dibantah.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak