alexametrics

Anggap Kanada Lakukan Intervensi, Mesir Dukung Arab Saudi

loading...
Anggap Kanada Lakukan Intervensi, Mesir Dukung Arab Saudi
Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
KAIRO - Mesir mengatakan mendukung Arab Saudi dalam perselisihan politik dengan Kanada. Mesir menunjukkan solidaritas terhadap Arab Saudi atas campur tangan asing dalam urusan domestiknya.

"Mesir prihatin dengan krisis antara Arab Saudi dan Kanada, yang merupakan hasil dari kecenderungan negatif oleh beberapa pihak internasional yang ikut campur dalam urusan internal negara-negara di kawasan itu," kata Kementerian Luar Negeri Mesir tanpa merinci di akun Facebook seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/8/2018).

Pemerintah Saudi pada hari Minggu menarik duta besarnya dari Ottawa, mengusir duta besar Kanada untuk Riyadh dan memberlakukan larangan perdagangan baru. Saudi mencela Kanada karena mendesak pembebasan aktivis hak asasi manusia.

Riyadh menyatakan kritik Kanada tentang penangkapan para aktivis masyarakat sipil negatif dan tidak adil terhadap kebenaran.

Pada hari Jumat, Kanada menyerukan Riyadh untuk segera membebaskan para aktivis masyarakat sipil dan HAM yang baru-baru ini ditangkap oleh pihak berwenang Saudi, termasuk Samar Badawi, seorang aktivis pembela HAM yang diakui secara internasional.

Badawi dan aktivis perempuan Saudi lainnya, Nassima al-Sadah, ditangkap di kerajaan  pekan lalu. Penangkapan itu memicu kecaman masyarakat internasional.

Mesir sebelumnya sempat dijatuhi embargo oleh Amerika Serikat (AS). AS sempat menghentikan bantuan militernya tahun lalu atas catatan hak asasi manusianya atas tindakan kerasnya terhadap perbedaan pendapat. Namun keputusan itu dibatalkan pada bulan lalu.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak