5 Alasan Israel Akan Batasi Muslim Palestina Masuk Masjid al-Aqsa selama Ramadan

Jum'at, 23 Februari 2024 - 15:08 WIB
loading...
5 Alasan Israel Akan Batasi Muslim Palestina Masuk Masjid al-Aqsa selama Ramadan
Ada lima alasan bagi Israel untuk membatasi Muslim Palestina memasuki Masjid al-Aqsa selama Ramadan nanti. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Israel kembali berencana membatasi masuknya para warga Muslim Palestina memasuki Masjid Al-Aqsa selama bulan suci Ramadan nanti.

Hamas mengecam rencana tersebut, menyebutnya sebagai cerminan kejahatan rezim Zionis dan perang agama yang dilakukan oleh elemen radikal pemerintah Israel terhadap rakyat Palestina.

Rencana itu merupakan usulan dari Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir. Menteri yang dikenal dengan pandangannya yang ekstremis ini bahkan ingin melarang warga Palestina memasuki masjid tersebut, bukan hanya membatasi.

Sudah ada peringatan dari badan keamanan dalam negeri Zionis, Shin Bet, bahwa akan ada bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina jika pembatasan itu diterapkan.

Namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyetujui pembatasan masuknya warga Muslim Palestina ke Masjid al-Aqsa selama Ramadan.

Anggota Kabinet Perang Israel Benny Gantz mengatakan di akun media sosialnya: "Pembatasan akan diberlakukan di Masjid al-Aqsa selama Ramadan, namun belum jelas apa yang akan dilakukan.”

Ramadan diperkirakan akan dimulai sekitar 10 Maret nanti.

Polisi Israel telah membatasi akses warga Palestina ke Masjid al-Aqsa, terutama pada hari Jumat, sejak 7 Oktober tahun lalu atau sesaat setelah Hamas melakukan Israel yang memicu perang besar di Gaza sekarang ini.

5 Alasan Israel Akan Batasi Muslim Palestina Masuk Masjid al-Aqsa

1. Alasan Keamanan


Israel mengeklaim pembatasan diperlukan untuk mencegah kekerasan dan kerusuhan di kompleks masjid tersebut. Hal ini didasari oleh beberapa peristiwa di masa lalu, seperti kerusuhan pada tahun 2017 yang menyebabkan kematian beberapa orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)