Uji Coba Rudal Penangkal Nuklir Trident Inggris Gagal karena Salah Sasaran, Apa Penyebabnya?

Rabu, 21 Februari 2024 - 20:37 WIB
loading...
A A A
Savill mengatakan bahwa negara-negara nuklir saling mengawasi uji coba satu sama lain.

“China dan Rusia sudah mewaspadai hal ini, dan mereka hampir pasti mendeteksi bahwa tidak ada peluncuran rudal (yang berhasil),” katanya.

Penangkal nuklir Inggris disediakan oleh armada empat kapal selam bertenaga nuklir yang dilengkapi dengan sistem rudal balistik Trident, yang diproduksi oleh Lockheed Martin.

Sistem penangkal nuklir menelan biaya sekitar USD3,79 miliar per tahun untuk beroperasi – setara dengan sekitar 6% dari keseluruhan anggaran pertahanan Inggris. Parlemen melakukan pemungutan suara pada tahun 2016 untuk menyetujui pembangunan kapal selam kelas baru, yang akan mulai beroperasi pada tahun 2030an, dengan biaya yang diperkirakan mencapai 31 miliar pound.

Savill dari RUSI mengatakan hal itu berarti armada Vanguard beroperasi melebihi masa pakai yang diharapkan, menjelaskan mengapa kapal selam memerlukan program reparasi yang panjang.

“Mereka bekerja atas dasar bahwa kapal selam Vanguard akan melampaui umur layanan aslinya setidaknya satu dekade,” katanya kepada Reuters. "Dan hal ini menciptakan tekanan dan ketegangan pada sistem."

Menurut situs Royal Navy, selalu ada kapal selam rudal balistik Inggris di laut sejak tahun 1969, dan bahwa “penangkal nuklir yang kredibel bergantung pada kemampuan untuk mengancam respons yang pasti dan efektif terhadap agresi.”

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)