Uji Coba Rudal Penangkal Nuklir Trident Inggris Gagal karena Salah Sasaran, Apa Penyebabnya?

Rabu, 21 Februari 2024 - 20:37 WIB
loading...
Uji Coba Rudal Penangkal Nuklir Trident Inggris Gagal karena Salah Sasaran, Apa Penyebabnya?
Militer Inggris gagal menguji coba sistem rudal penangkal nuklir Trident. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Sistem penangkal nuklir Trident Inggris gagal berfungsi saat uji coba bulan lalu, sehingga menyebabkan sebuah rudal jatuh ke laut lepas pantai Florida dekat kapal selam yang meluncurkannya. Itu dilaporkan surat kabar The Sun pada Rabu (21/2/2024).

Kementerian Pertahanan Inggris membenarkan adanya 'anomali' selama uji coba tersebut, namun mengatakan bahwa "penangkal nuklir negara itu tetap aman, terjamin, dan efektif."

Saat Menteri Pertahanan Grant Shapps berada di kapal HMS Vanguard untuk menyaksikan uji coba tersebut, The Sun mengatakan booster tahap pertama pada rudal tersebut – yang dilengkapi dengan hulu ledak tiruan – gagal menyala.

Hasil ini menandai kegagalan uji coba rudal Trident untuk kedua kalinya berturut-turut setelah salah satu rudal tersebut dilaporkan keluar jalur pada tahun 2016, sebuah hasil yang memalukan bagi negara yang pernah memiliki kekuatan angkatan laut terbesar dan terkuat di dunia.

“Rudal Trident meninggalkan kapal selam, namun ia jatuh begitu saja, tepat di sebelah mereka,” kata seorang sumber seperti dikutip The Sun.

Meskipun Kementerian Pertahanan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa anomali telah terjadi, namun mereka mengatakan bahwa hal tersebut bersifat “spesifik” dan “tidak memiliki implikasi terhadap keandalan sistem dan persediaan rudal Trident yang lebih luas.”



Pemerintah mungkin akan menghadapi pertanyaan di parlemen mengenai kegagalan tersebut, dan fakta bahwa kegagalan tersebut pertama kali dilaporkan oleh media dan bukan oleh para menteri, pada saat kesiapan angkatan laut Inggris berada di bawah pengawasan jika hal tersebut dilakukan sepenuhnya.

Awal bulan ini, salah satu dari dua kapal induk andalan Inggris, HMS Queen Elizabeth, harus ditarik dari latihan NATO terbesar sejak Perang Dingin setelah pemeriksaan rutin mengidentifikasi adanya masalah pada poros baling-baling.

Matthew Savill, direktur Ilmu Militer di Royal United Services Institute, sebuah lembaga pemikir pertahanan dan keamanan, mengatakan pemerintah tidak mungkin memberikan banyak rincian – karena alasan keamanan – tentang uji coba pada HMS Vanguard.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)