Indonesia Fasilitasi Pembahasan Resolusi AS Soal Perpanjangan Embargo Senjata Iran

loading...
Indonesia Fasilitasi Pembahasan Resolusi AS Soal Perpanjangan Embargo Senjata Iran
Grata menuturkan, itu adalah salah satu tugas Indonesia sebagai presiden Dewan Keamanan (DK) PBB untuk bulan Agustus. Foto/Kemlu RI
A+ A-
JAKARTA - Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri Indonesia, Grata Endah Werdaningtyas menuturkan, Indonesia akan fasilitasi pembahasan rancangan resolusi Amerika Serikat (AS) soal perpanjangan embargo senjata Iran. Grata menuturkan, itu adalah salah satu tugas Indonesia sebagai presiden Dewan Keamanan (DK) PBB untuk bulan Agustus.

"Sebagai presiden DK PBB, Indonesia akan memfasilitasi semua rancangan resolusi yang diajukan oleh negara-negara anggota DK PBB, termasuk dalam hal ini adalah rancangan resolusi usulan AS bagi perpanjangan embargo senjata Iran," ucap Grata pada Kamis (13/8/2020).

Grata menuturkan, rancangan resolusi AS berfokus pada limitasi transfer senjata dan larangan perjalanan terhadap Iran, yang menurut kerangka Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) atau kesepakatan nuklir akan berakhir pada 18 Oktober mendatang. (Baca juga: Iran: Upaya AS Perpanjang Embargo Senjata akan Temui Kegagalan)

AS, jelas Grata, dalam rancangan resolusi menginginkan agar tidak adanya batas waktu dari embargo senjata tersebut dan penghentian embargo senjata hanya bisa dilakukan oleh DK PBB. Grata menyebut, resolusi tersebut akan dibahas pekan ini.



"Sebagai anggota tidak tetap DK PBB, Indonesia akan mengikuti secara seksama dinamika pembahasan rancangan resolusi ini di dalam DK PBB dan tentu saja akan berusaha secara konstruktif berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait," ucapnya.

"Indonesia juga akan terus menyerukan dan mendorong semua negara pihak JCPOA untuk meningkatkan upaya mencari jalan agar dapat menjalankan komitmennya dibawah JCPOA dan diharapkan akan terus berkontribusi pada kestabilan di kawasan," tukas Grata. (Baca juga: 99,3% Siswa Secapa TNI AD Sembuh dari Covid-19)
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top