Bagaimana Dampak Kebebasan Thaksin Shinawatra bagi Masa Depan Politik Thailand?

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Berbicara kepada media saat berkunjung ke wilayah timur laut pada hari Minggu, Srettha mengatakan dia senang dengan pembebasan Thaksin, yang sesuai dengan hukum. Dia mengatakan Thaksin berpengetahuan luas dan populer.

3. Tetap Selalu Menimbulkan Kontroversi

Bagaimana Dampak Kebebasan Thaksin Shinawatra bagi Masa Depan Politik Thailand?

Foto/Reuters

Namun kepulangan dan pembebasannya yang lebih awal menimbulkan kontroversi, dengan skeptisisme luas mengenai masalah kesehatannya dan hukumannya yang relatif ringan.

"Sakit sekali? Pembebasan bersyarat? Penyakit apa?" Senator Somchai Swangkarn memposting di media sosial dengan gambar Thaksin meninggalkan rumah sakit dan tagar "RIP keadilan Thailand".

4. Memicu Perpecahan di Masyarakat Thailand

Partai oposisi, Move Forward Party, mengatakan tidak dapat disangkal bahwa Thaksin pernah menerima perlakuan tidak adil di masa lalu, namun memberikan keadilan kepadanya "tidak boleh dilakukan dengan cara yang menekankan standar ganda... atau memberikan hak istimewa kepada individu tertentu di atas hukum."

Jaringan Mahasiswa dan Rakyat untuk Reformasi Thailand yang anti-Thaksin melangkah lebih jauh dengan mengeluarkan teguran keras terhadap pemerintah dan dokter rumah sakit, dengan menambahkan, "Kejadian hari ini seharusnya membuat Anda dipenjara, bukan Thaksin."

5. Memperkuat Pengaruh Politik

Pembebasan Thaksin telah lama diantisipasi dan fokusnya sekarang akan beralih pada apakah taipan itu menepati janjinya mengenai masa pensiunnya, dan apakah dia dapat menahan godaan untuk mempengaruhi pemerintahan yang kini berada di bawah pengawasan keluarga dan sekutunya.

"Dia pasti akan mempunyai pengaruh. Sekarang, sejauh mana? Dia tidak melakukan tindakan seperti dulu," kata analis politik Thitinan Pongsudhirak, dilansir Reuters.

"Thaksin akan ditahan karena pusat-pusat kekuasaan yang baru bergabung, mereka tidak mempercayainya," tambahnya. "Saya yakin saluran-saluran belakang akan memperjelas bahwa jika dia mengingkari kesepakatan, akan ada masalah."

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)