Akhir Tahun, Trump Berencana Undang Putin ke Washington

Jum'at, 20 Juli 2018 - 05:52 WIB
Akhir Tahun, Trump Berencana Undang Putin ke Washington
Akhir Tahun, Trump Berencana Undang Putin ke Washington
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah meminta pemerintahannya untuk secara resmi mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengunjungi Washington akhir tahun ini. Demikian pengumuman yang disampaikan Gedung Putih.

Sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders mengatakan Trump meminta penasihat keamanan nasionalnya, John Bolton, untuk memperpanjang undangan untuk Putin guna dialog tingkat kerja antara kedua pemimpin seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (20/7/2018).

Undangan itu datang di tengah gejolak pasca pertemuan tingkat tinggi kontroversial Trump dengan Putin di Helsinki.

Trump dikritik Partai Demokrat dan Republik karena berpihak pada Kremlin atas penilaian intelijen AS mengenai apakah Rusia ikut campur dalam pemilihan presiden 2016. Trump butuh beberapa upaya untuk memperbaiki komentarnya, memperkuat kejatuhan dari penampilan bersama dengan Putin.

Namun Trump tidak terpengaruh oleh serangan balik tersebut, menganggap pertemuan itu "sukses besar" dan mengatakan dia menantikan pertemuan kedua dengan Putin.

"KTT dengan Rusia adalah sukses besar, kecuali dengan musuh nyata rakyat, Berita Palsu Media," tulis Trump.

“Saya menantikan pertemuan kedua kami sehingga kami dapat mulai menerapkan beberapa dari banyak hal yang dibahas, termasuk menghentikan terorisme, keamanan untuk Israel, proliferasi nuklir, serangan dunia maya, perdagangan, Ukraina, perdamaian Timur Tengah, Korea Utara, dan lainnya . Ada banyak jawaban, beberapa mudah dan sulit, untuk masalah-masalah ini tetapi mereka SEMUA dapat dipecahkan!" imbuhnya.

Mengabaikan peringatan para pemimpin intelijen, Trump terus memuji-muji Putin dan menekankan perlunya meningkatkan hubungan AS-Rusia. Namun tetap tidak jelas, apa yang ingin dicapainya dari negosiasi dengan mitranya dari Rusia.

Sebelum konferensi pers bersama mereka di Helsinki, Trump dan Putin melakukan pertemuan tertutup selama dua jam dengan hanya ditemani penerjemah mereka. Sedikit yang diketahui tentang apa yang dibicarakan, mendorong Demokrat di Capitol Hill untuk menuntut tim keamanan nasional Trump bersaksi di depan Kongres.

Kontroversi meningkat pada hari Rabu, ketika Sanders mengatakan kepada wartawan Trump sedang mempelajari proposal dari Putin yang akan memungkinkan tim penasihat khusus Robert Mueller untuk menginterogasi 12 pejabat intelijen militer Rusia yang didakwa minggu lalu jika. Sebagai gantinya, AS mengizinkan pemerintah Rusia untuk menginterogasi orang Amerika tertentu, termasuk mantan duta besar AS untuk Rusia, Michael McFaul.

Dihadapkan dengan badai api lagi, Gedung Putih kemudian dipaksa untuk melakukan koreksi lain dan pada hari Kamis menolak usulan itu dalam sebuah pernyataan publik.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3624 seconds (0.1#10.140)