Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?

Kamis, 15 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?
AS menyebar pasukannya ke berbagai negara di dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pada tahun 2022, terdapat sekitar 170.000 tentara yang ditempatkan di luar AS dan wilayahnya. Bahkan, pada Juni 2023, terdapat lebih dari 30.000 tentara AS yang ditempatkan di Timur Tengah saja.

Di mana militer AS ditempatkan di seluruh dunia?

1. Pasukan AS Tersebar di Berbagai Penjuru Dunia

Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?

Foto/Reuters

Meskipun AS meningkatkan kehadiran militernya di Timur Tengah, AS juga mempertahankan pasukannya di setiap benua.

Melansir globalaffairs, Per September 2022, terdapat 171.736 tentara aktif yang tersebar di 178 negara, dengan jumlah terbanyak di Jepang (53.973), Jerman (35.781), dan Korea Selatan (25.372). Ketiga negara ini juga memiliki pangkalan militer AS terbanyak – masing-masing 120, 119, dan 73.

Terdapat sekitar 750 pangkalan militer AS di setidaknya 80 negara, meskipun Al Jazeera mengatakan jumlahnya “mungkin lebih tinggi lagi karena tidak semua data dipublikasikan oleh Pentagon.”


2. AS Menganggap Dirinya sebagai Pemimpin Global

Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?

Foto/Reuters

Banyak pangkalan militer AS dibangun setelah Perang Dunia II “ketika AS mengambil posisi sebagai pemimpin global dan penjaga perdamaian di dan sekitar Jepang dan Jerman,” yang menjelaskan mengapa kedua negara tersebut memiliki pangkalan terbanyak. Kemudian Perang Dingin dan Perang Korea memberi AS alasan lain untuk melakukan ekspansi militer global – untuk membendung komunisme.

Sejak saat itu, AS telah melakukan ekspansi ke Timur Tengah dan wilayah sekitarnya – Turki, Kuwait, dan Arab Saudi masing-masing memiliki setidaknya 10 pangkalan.

Dari Oktober 2001 hingga September 2020, pembayar pajak AS membayar USD6,4 triliun kepada pemerintah federal yang berperang di Afghanistan, Irak, Suriah, dan Pakistan. Pada tahun-tahun pasca 11/9 hingga tahun 2022, Departemen Pertahanan juga menerima peningkatan anggaran dasar sebesar USD884 miliar.

Pada tahun 2022, Amerika Serikat menghabiskan USD877 miliar untuk belanja militer – jumlah terbesar dibandingkan negara mana pun, dan lebih banyak daripada total belanja militer China, Rusia, India, Arab Saudi, Inggris, Jerman, Prancis, Korea Selatan, Jepang, dan Ukraina. Angka ini termasuk USD19,9 miliar bantuan militer ke Ukraina, menurut laporan tersebut.

3. AS Menghabiskan Banyak Anggaran untuk Militer

Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?

Foto/Reuters

AS menghabiskan USD2.169 untuk militer per orang, menurut data NATO. Secara total, Amerika menghabiskan sekitar 12% dari seluruh pengeluarannya untuk militer, dibandingkan dengan Chhina yang menghabiskan 4,79%.

Secara historis, AS telah menggunakan promosi demokrasi sebagai pembenaran atas jaringan militernya yang luas, meskipun ketergantungan AS pada minyak dari Timur Tengah juga telah menjadi “motif mendasar intervensi militer langsung atau campur tangan dalam pembangunan politik,” menurut Kebijakan Global. Forum.

4. Fokus Mengirim Pasukan ke Timur Tengah dan Asia

Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?

Foto/Reuters

Ketika ketegangan meningkat di Timur Tengah dan Laut China Selatan, AS telah meningkatkan kehadiran militernya di wilayah tersebut.

Sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober yang berujung pada pengepungan Israel di Gaza, AS telah mengirimkan dukungan militer ke Israel dan mengerahkan lebih banyak pasukan ke Timur Tengah secara umum.

Pada 8 Oktober, Austin mengumumkan bahwa ia memerintahkan USS Dwight D. Eisenhower Carrier Strike Group, “kapal induk terbaru dan tercanggih” milik Angkatan Laut, untuk pindah ke wilayah tersebut dan siap membantu Israel.

Setelah serangan awal Hamas dan blokade Israel di Gaza yang berlangsung selama lebih dari dua minggu, Israel sedang mempersiapkan invasi darat. Iran telah menyinggung akan mengambil tindakan untuk mendukung Hamas jika serangan darat dimulai.

Pangkalan Udara Al-Udeid di Qatar telah menjadi titik ketegangan dalam perang Israel-Hamas, ketika Iran mendesak negara-negara lain di kawasan itu untuk menghentikan transfer senjata dari AS ke Israel yang menggunakan pangkalan AS sebagai titik jalan.

Pangkalan Udara Al-Udeid adalah pangkalan militer AS terbesar di Timur Tengah, dengan ruang untuk 10.000 personel militer. Ini menjadi tuan rumah Komando Pusat Angkatan Udara A.S. dan empat pusat komando lainnya. Pangkalan udara tersebut dimiliki oleh Qatar, yang mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Israel “sepenuhnya bertanggung jawab atas eskalasi yang sedang berlangsung karena pelanggaran terus-menerus terhadap hak-hak rakyat Palestina…”

Pada bulan April 2022, AS secara resmi menunjuk Qatar sebagai “sekutu utama non-NATO”, yang berarti “hak istimewa” tertentu seperti membantu pelatihan militer dan transfer senjata.

Ketegangan menyebar di Timur Tengah, dan telah terjadi “gelombang serangan” terhadap pangkalan-pangkalan AS di Irak dan Suriah yang melukai 24 tentara AS.

5. Didukung Kapal Induk

Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?

Foto/Reuters

Melansir globalaffairs, AS mengumumkan pada 21 Oktober bahwa kapal induk lain akan dikirim ke wilayah yang sama dengan Eisenhower, dan unit militer akan dikirim ke seluruh Timur Tengah untuk “meningkatkan upaya pencegahan regional, meningkatkan perlindungan pasukan AS di wilayah tersebut, dan membantu dalam membela Israel.”

Di Laut Cgina Selatan – wilayah antara China dan Taiwan – ketegangan meningkat sejak awal tahun. Tiongkok percaya bahwa mereka mempunyai kedaulatan atas pulau tersebut, yang telah memiliki pemerintahan sendiri selama hampir 75 tahun, dan mungkin akan meningkatkan upayanya setelah invasi Rusia ke Ukraina, menurut Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng.

Pada bulan April 2023, Tiongkok melakukan “latihan tempur skala besar di sekitar Taiwan” yang mencakup simulasi blokade.

Meskipun AS tidak secara resmi mengakui Taiwan, undang-undang AS mengharuskan AS memberikan Taiwan sarana untuk mempertahankan diri.

Pada bulan Februari, AS dan Filipina mencapai kesepakatan yang mengizinkan pasukan AS mengakses empat kamp militer tambahan di Filipina; dua di antaranya berada di dekat Taiwan, sehingga memberi AS akses ke total sembilan kamp militer. Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. mengatakan kepada Tiongkok bahwa pangkalan militer yang tersedia bagi militer AS tidak akan digunakan untuk “aksi ofensif” apa pun, hanya untuk membantu Filipina.

Pada tahun 1951, AS dan Filipina menandatangani Perjanjian Pertahanan Bersama, yang menjamin bahwa jika satu negara diserang, negara lain akan membantu. Perjanjian selanjutnya, Perjanjian Peningkatan Kerja Sama Pertahanan tahun 2014, memberikan akses kepada AS ke pangkalan militer tertentu di Filipina.

6. Warga AS Protes dengan Keberadaan Pasukan di Luar Negeri

Di Mana Penyebaran Tentara AS di Seluruh Dunia?

Foto/Reuters

Melansir globalaffairs, secara keseluruhan, generasi muda Amerika tampaknya kurang percaya pada institusi Amerika, seperti militer, dan mempertanyakan keterlibatan militer Amerika di luar negeri.

Jajak pendapat Gallup pada bulan September 2023 menemukan bahwa seperempat Generasi Z memiliki “sangat sedikit” kepercayaan terhadap militer AS, meskipun Gen Z dari Partai Republik lebih cenderung memercayai militer dibandingkan dengan Gen Z dari Partai Demokrat.

Lebih dari separuh Generasi Z juga percaya bahwa AS harus menjauhi urusan dunia, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Chicago Council on Global Affairs, dan lebih dari sepertiganya percaya bahwa AS harus memotong belanja pertahanannya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)