Kapal Perang Besar Rusia yang Diserang Drone Ukraina Kini Tenggelam

Kamis, 15 Februari 2024 - 07:16 WIB
loading...
Kapal Perang Besar Rusia yang Diserang Drone Ukraina Kini Tenggelam
Tsezar Kunikov, kapal perang pendarat besar Rusia tenggelam di Laut Hitam usai diserang drone Angkatan Laut Ukraina. Foto/UNPIXS via Telegraph
A A A
KYIV - Serangan drone Angkatan Laut Ukraina telah menenggelamkan kapal perang pendarat besar Rusia di lepas pantai Crimea, Laut Hitam, pada Rabu.

Badan mata-mata militer dan angkatan bersenjata Kyiv mengatakan serangan drone berhasil menembus sisi kiri kapal musuh dan menyebabkannya tenggelam.

Belum ada komentar langsung dari Rusia, yang sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya telah menghancurkan enam drone di Laut Hitam. Kremlin menolak berkomentar.

“Angkatan Bersenjata Ukraina, bersama dengan unit intelijen Kementerian Pertahanan, menghancurkan kapal pendarat besar Tsezar Kunikov. Saat serangan terjadi, kapal tersebut berada di perairan teritorial Ukraina dekat Alupka,” kata militer Kyiv melalui pesan Telegram, seperti dikutip Reuters, Kamis (15/2/2024).



Kota resor Laut Hitam Alupka terletak tidak jauh dari Yalta di tepi selatan Crimea, yang direbut dan dianeksasi pasukan Rusia dari Ukraina pada tahun 2014.

Badan intelijen militer Ukraina, GUR, mengatakan kapal perang tersebut tampaknya membawa muatan ketika tenggelam dan, sebelum serangan itu, kapal tersebut telah menghabiskan sekitar 10 hari di tempat pemuatan yang digunakan oleh militer Rusia.

GUR menerbitkan rekaman kasar di Telegram yang dimaksudkan untuk menunjukkan beberapa drone Angkatan Laut mendekati sebuah kapal besar di malam hari dan setidaknya satu ledakan besar.

Klaim bahwa kapal dalam video tersebut sebagai Tsezar Kunikov belum dapat diverifikasi secara independen. Lokasi dan tanggal pengambilan gambar juga tidak dapat diverifikasi.

Beberapa rekaman di bagian akhir tampak menunjukkan kerusakan besar dengan kapal yang miring ke satu sisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)