Israel Fokus Perluasan Perang ke Lebanon, Hizbullah Balas dengan Rudal Mematikan

Rabu, 14 Februari 2024 - 20:40 WIB
loading...
Israel Fokus Perluasan Perang ke Lebanon, Hizbullah Balas dengan Rudal Mematikan
Israel memperluas serangan udara ke wilayah Lebanon selatan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Militer Israel mengklaim mengirimkan pesawat tempurnya untuk melancarkan serangan yang lebih luas ke Lebanon selatan. Itu dilakukan di tengah kegagalan Israel menumbangkan Hamas di Gaza.

Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, mengatakan jet tempur melancarkan “gelombang serangan besar-besaran” di wilayah Lebanon.

Serangan tersebut merupakan tindakan balasan setelah seorang tentara Israel tewas dan delapan lainnya terluka sebelumnya dalam serangan roket yang datang dari Lebanon selatan. Kelompok bersenjata Hizbullah belum mengaku bertanggung jawab.



Melansir Al Jazeera, Hizbullah disalahkan karena menembakkan roket ke posisi militer Israel di Safad. Itu adalah sebuah kota di Israel utara, 15 km dari perbatasan. Jadi ini adalah serangan yang terjadi jauh di dalam wilayah Israel.

Ini bukan pertama kalinya wilayah tersebut diserang, namun jarang sekali Hizbullah yang menargetkan wilayah sedalam itu, yang berarti kelompok bersenjata tersebut mengirimkan pesan.

Hizbullah mengaku bertanggung jawab atas serangan ini, yang juga merupakan hal yang tidak biasa, karena kelompok tersebut biasanya mengeluarkan pernyataan beberapa menit setelah melancarkan operasi militer di dekat perbatasan.

Sekarang, apa pesannya? Al Jazeera menyatakan, salah satu upaya pencegahan karena akhir-akhir ini tentara Israel benar-benar meningkatkan serangan udara dan pembunuhan yang ditargetkan, mengejar pejabat Hizbullah, pejabat Palestina. Dalam lima hari terakhir, ada tiga serangan semacam ini sehingga Hizbullah mengatakan ‘Kami juga dapat menyakiti Anda’.

Namun hal ini masih dalam batas aturan keterlibatan konflik ini. Sasarannya adalah posisi militer. Hizbullah masih melangkah hati-hati. Pidato kemarin yang disampaikan oleh pemimpin kelompok tersebut, Hassan Nasrallah, menunjukkan bahwa Hizbullah tidak tertarik pada perang besar-besaran.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)