AS Diam-diam Sita Jet Jumbo Venezuela, Caracas Sebut Washington Pencuri

Rabu, 14 Februari 2024 - 09:44 WIB
loading...
AS Diam-diam Sita Jet Jumbo Venezuela, Caracas Sebut Washington Pencuri
Pemandangan pesawat Boeing 747 terdaftar dengan nomor YV3531 milik maskapai Emtrasur Cargo Venezuela, di Bandara Internasional Cordoba, Ambrosio Taravella, di Cordoba, Argentina, 6 Juni 2022. Foto/REUTERS/Sebastian Borsero
A A A
CARACAS - Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) menahan satu pesawat kargo Venezuela. Washington mengklaim pesawat tersebut sebelumnya milik maskapai penerbangan Iran yang diduga berafiliasi dengan Pasukan Quds dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Caracas mengecam tindakan tersebut, mengklaim transfer pesawatnya ke AS dilakukan secara rahasia.

Menurut pernyataan di situs Departemen Kehakiman AS (DOJ) pada Senin (12/2/2024), jumbo jet buatan Amerika tersebut dipindahkan ke AS pada 11 Februari oleh pemerintah Argentina, yang telah menahan pesawat tersebut pada 2022.

Para pejabat AS mengklaim pesawat tersebut sebelumnya dimiliki Mahan Air, maskapai penerbangan Iran yang terkena sanksi dan dituduh AS mengangkut senjata dan pesawat tempur untuk IRGC, cabang utama Angkatan Bersenjata Iran. Kelompok ini telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Washington.

Jet yang disita sebelumnya telah dijual Mahan Air ke maskapai kargo Venezuela Emtrasur dalam transaksi yang “melanggar undang-undang kontrol ekspor AS dan secara langsung menguntungkan Korps Garda Revolusi Islam,” menurut Asisten Jaksa Agung DOJ Matthew G Olsen.

Dia menambahkan, “AS berkomitmen memastikan kekuatan penuh hukum AS tidak memungkinkan aktor-aktor negara yang bermusuhan untuk terlibat dalam kegiatan jahat yang mengancam keamanan nasional kita.”

“Pesawat tersebut sekarang sedang dipersiapkan untuk disposisi,” papar DOJ tanpa memberikan rincian lebih lanjut.



Pemerintah Venezuela menggambarkan penyitaan pesawat tersebut sebagai “pencurian terang-terangan” dan tindakan “kolusi” antara AS dan Argentina yang melanggar peraturan penerbangan sipil serta “hak komersial, sipil dan politik” Emtrasur.

Dalam pernyataan yang diterbitkan di X oleh Menteri Luar Negeri Venezuela Yvan Hill, Caracas juga mengecam sifat rahasia dari transfer tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)