Berapa Lama Sistem Kerajaan di Timur Tengah Bisa Bertahan?

Senin, 12 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Meski begitu, penguasa de facto Arab Saudi adalah putra mahkota sama seperti raja, dengan Mohammed bin Salman, putra mahkota saat ini, yang secara efektif menjalankan negara atas nama ayahnya.

Di Uni Emirat Arab - sebuah federasi monarki individu - kepala negara adalah presiden terpilih: namun presiden selalu menjadi penguasa Abu Dhabi, saat ini Mohamed bin Zayed al Nahyan, yang merupakan kekuatan di balik kepresidenan saudaranya, Khalifa, yang meninggal pada bulan Mei.

Secara konstitusional, status pasti monarki di Inggris masih belum jelas. Hal ini berlaku di banyak negara monarki – bahkan yang paling absolut di Timur Tengah. Hukum ditandatangani atas nama raja. Pengadilan bertanggung jawab kepada raja dan menjalankan keadilan atas namanya. Namun mekanisme kekuasaan yang sebenarnya masih belum jelas.

Banyak yang telah ditulis pada dekade sebelumnya, ketika Arab Spring menggulingkan para diktator selama beberapa dekade, tentang kekuatan relatif monarki Arab.

Monarki Hashemite Yordania pernah dianggap sebagai salah satu yang paling stabil di wilayah tersebut. Berkuasa selama 100 tahun, para anggotanya belum pernah digulingkan oleh saingannya di dalam dewan penguasa – seperti yang terjadi, misalnya, di Oman pada tahun 1970 dalam kudeta yang membawa Qaboos bin Said ke tampuk kekuasaan.

Namun mulai bulan April 2021, monarki Yordania secara konsisten dihantam oleh apa yang menurut pihak berwenang merupakan rencana untuk menggulingkan raja, Abdullah II, yang melibatkan saudara tirinya, Hamzah.

Dugaan keluhan Hamzah mungkin bersifat pribadi, namun bagi banyak orang di Yordania pada saat itu, ia dengan cepat menjadi simbol kritik yang meluas terhadap korupsi pejabat, lambatnya pertumbuhan ekonomi, dan kelesuan politik secara umum.

Hamzah adalah sosok yang tampan dan gagah. Tahun lalu, ia cukup populer sehingga penangkapannya dianggap memperkuat ikatannya dengan masyarakat yang suaranya tidak terdengar dalam perdebatan ekonomi. Raja diasosiasikan dengan masa kini yang stagnan, sementara penantang diasosiasikan dengan kemungkinan masa depan perekonomian yang lebih baik.

Pada tahun 2022, monarki Yordania sekali lagi mencoba mendiskreditkan Hamzah dan berhasil membuat dia melepaskan gelar pangerannya dan tidak lagi terlibat dalam politik.

Hal ini merupakan tantangan yang dihadapi semua monarki di wilayah ini: kemungkinan bahwa meskipun monarki itu sendiri tetap stabil dan mengakar, seorang yang mengklaim takhta akan mendapatkan lebih banyak loyalitas baik di kalangan elit militer dan politik, atau di kalangan masyarakat yang cukup besar sehingga dapat menimbulkan masalah bagi negara. kepala yang dimahkotai saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)