Siapa Katalin Novak? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia

Minggu, 11 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Siapa Katalin Novak? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia
Katalin Novak mundur karena skandal pengampunan terhadap terpidana pedofilia. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Katalin Novák, Presiden Hongaria mengumumkan di televisi nasional pada Sabtu bahwa dia mengundurkan diri. Itu dikarenakan dia menghadapi tekanan yang semakin besar untuk memberikan pengampunan presiden kepada seorang pria yang dihukum karena membantu menutupi kasus pelecehan seksual di panti asuhan.

“Saya melakukan kesalahan,” kata Novak. “Hari ini adalah hari terakhir saya memanggil Anda sebagai presiden.”

Novak, 46, adalah sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban dan anggota partainya, Fidesz. Dia kembali dari kunjungan resmi ke Qatar dalam waktu singkat untuk membuat pengumuman pengunduran diri.

Novák telah memiliki karier yang luar biasa: ia mulai bekerja di Kementerian Luar Negeri, kemudian menjadi Menteri Keluarga, dan menjadi Wakil Presiden dari partai Fidesz yang berkuasa. Dalam beberapa tahun terakhir, perannya telah berkembang secara spektakuler. Tahun lalu dan tahun ini, dia dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh dalam kehidupan publik Hongaria.

Katalin Novák adalah perempuan pertama, dan pada usia 44 tahun, ia bahkan menjadi presiden termuda Hongaria sejak pergantian rezim. Dia memiliki tiga anak, berbicara empat bahasa asing, lari maraton, dan merupakan anggota partai Fidesz yang berkomitmen.

Siapa Katalin Novák? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia

1. Orang Kepercayaan Orban

Siapa Katalin Novak? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia

Foto/Reuters

Melansir hungarytoday, Katalin Novak memulai karir politiknya pada tahun 2001 (pada pemerintahan Orbán pertama) di Kementerian Luar Negeri, dengan spesialisasi dalam urusan Eropa. Pada tahun 2010, ia menjadi penasihat menteri, dan dua tahun kemudian ia diangkat menjadi kepala kabinet Kementerian Sumber Daya Manusia (EMMI).

Pada tahun 2014, ia diangkat sebagai Sekretaris Negara Urusan Keluarga dan Pemuda EMMI, dan akhirnya menjadi Menteri Keluarga pada Oktober 2020. Antara tahun 2017 dan 2021, ia juga menjadi salah satu wakil presiden Fidesz. Ini hanyalah ringkasan singkat tentang kariernya – masih banyak lagi. Dan bukan hanya karena dia akan menjadi presiden perempuan pertama Hongaria.

Dalam pidato pengantarnya, Katalin Novák menyebut invasi Rusia sebagai "virus yang merusak" dan berjanji akan berupaya demi persatuan bangsa.Lanjutkan membaca


2. Dikenal Cantik dan Cerdas

Melansir hungarytoday, Katalin Novak lahir di Szeged pada tahun 1977, belajar di Universitas Nasional Pelayanan Publik (NKE) di Budapest, Universitas Szeged, dan di Paris dengan beasiswa. Menurut biografi resminya, Novák memulai karirnya di pemerintahan pada tahun 2001 sebagai penasihat di Kementerian Luar Negeri, namun keluar pada tahun 2003. Setelah itu, ekonom tersebut menghabiskan enam tahun membesarkan anak-anaknya di rumah (sebagian di Jerman) sebelum menjadi seorang pejabat. Penasehat Menteri Luar Negeri pada tahun 2010, dan Kepala Kabinet Menteri Sumber Daya Manusia pada tahun 2012.

“Segar, cerdas, cantik,” adalah kesan pertama Menteri Zoltán Balog ketika dia bertemu langsung dengan Katalin Novák untuk pertama kalinya pada saat pemilihan kepala kabinet yang baru. Tidak diketahui siapa sebenarnya yang merekomendasikan Katalin Novák kepadanya ketika ia sedang mencari kepala kabinet pada tahun 2012, setelah pengangkatannya sebagai menteri utama sumber daya manusia, kecuali bahwa “seorang teman”, mantan Menteri Luar Negeri János Martonyi pernah mendengar tentang Katalin Novák. .

“Dia memiliki semangat yang segar dan merupakan pekerja yang baik. […] Saya bahkan memperhatikan bahwa dia berbicara dalam tiga bahasa dengan sangat baik: Prancis, Inggris, dan Jerman, yang merupakan kualitas yang sangat istimewa di kalangan diplomatik,” demikian kesan János Martonyi terhadapnya. Dikatakan bahwa para menteri juga terkesan dengan fakta bahwa “Katalin berasal dari keluarga pengacara dan dokter; ini bukan suatu kerugian,” kata Menteri Luar Negeri, tulis Euronews dalam artikel rinci tentang Novák.

3. Pernah Menjadi Menteri Pemuda dan Keluarga

Siapa Katalin Novak? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia

Foto/Reuters

Setelah pemilu 2014, Novák diangkat menjadi Sekretaris Negara untuk Keluarga dan Pemuda di kementerian yang sama (EMMI). Antara tahun 2017 dan 2021, ia bahkan menjadi salah satu wakil ketua partai Fidesz, dan sejak tahun 2018 ia juga menjadi anggota parlemen. Sejak tahun 2020, ia menjabat sebagai Menteri Keluarga dan Pemuda, dan mengundurkan diri ketika ia mencalonkan diri sebagai presiden.

Kebijakan keluarga menjadi semakin penting dalam kebijakan pemerintah, terutama setelah tahun 2015, ketika kabinet mencoba menyelesaikan masalah kependudukan melalui “anak-anak Hongaria” dan bukan “migrasi.” Perdana Menteri pertama kali mempercayakan Katalin Novák untuk mengelola langkah-langkah perubahan demografi. Bahkan dibuatlah jabatan baru untuk tugas tersebut, yakni jabatan Menteri Keluarga.

Situs webnya menyatakan bahwa Novák terlibat dalam pengembangan ide dan model kebijakan keluarga Hongaria yang independen, dan kemudian memimpin bidang ini sebagai sekretaris negara dan menteri di pemerintahan. Dia adalah penggagas beberapa langkah yang diterapkan untuk mendukung keluarga. Selama masa jabatannya, apa yang disebut CSOK (tunjangan perumahan untuk keluarga), tunjangan perawatan anak, tunjangan renovasi perumahan, dan pembebasan pajak penghasilan untuk ibu empat anak diperkenalkan. Dia memprakarsai Tahun Keluarga 2018 di Hongaria.

4. Suka Lari Maraton

Katalin Novák telah menikah dan ibu dari tiga anak. Di waktu luangnya, dia menikmati berlari dan berlari jarak jauh, termasuk maraton. Kredonya adalah: setiap orang adalah pelari jarak jauh, meskipun sebagian besar tidak pernah menemukan bakat ini dalam diri mereka.

“Sebagai ibu dari tiga anak, saya tahu betapa sulitnya mengurus tugas-tugas yang tampaknya biasa namun sering kali sangat sulit, yaitu membesarkan satu, dua, atau lebih anak dan mengurus rumah tangga sehari-hari, sambil bekerja. Oleh karena itu, prioritas saya sebagai Menteri Keluarga adalah memberikan pilihan dan kebebasan kepada para ibu untuk memutuskan sendiri kapan mereka ingin kembali bekerja, menciptakan keseimbangan kehidupan kerja, memberikan bantuan nyata bagi situasi kehidupan anak muda Hongaria dan keluarga. ,” tulisnya di situs resminya.

5. Aktif di Media Sosial

Melansir hungarytoday, dia juga salah satu politisi yang paling banyak memposting di situs media sosial. Dia juga banyak memposting tentang kehidupan pribadinya. Dalam postingannya, ia selalu menyebut dirinya juga seorang ibu rumah tangga. Dia membuat kue, merajut, memasak, dan membersihkan jendela.

Pada tahun 2020, Katalin Novák menduduki puncak daftar wanita Hongaria paling berpengaruh dalam kehidupan publik. Terlepas dari posisinya, dia dianggap sebagai menteri yang paling dekat dengan kepala pemerintahan, tulis Forbes dalam kutipannya. Pada saat yang sama, kehadirannya yang memecah belah di media sosial dan pesan-pesan konservatifnya semakin mempengaruhi perdebatan publik. Forbes mencantumkan wanita paling berpengaruh di Hongaria dalam empat kategori utama: Bisnis, Media, Kehidupan Publik, dan Budaya. Dia menduduki puncak daftar lagi tahun ini.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)