Siapa Oleksandr Syrskyi Panglima Militer Baru Ukraina? Ternyata Jenderal Kelahiran Rusia

Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:45 WIB
loading...
Siapa Oleksandr Syrskyi Panglima Militer Baru Ukraina? Ternyata Jenderal Kelahiran Rusia
Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi telah ditunjuk menjadi Panglima Militer Ukraina di tengah perang yang masih berlangsung melawan Rusia.

Menggantikan Valery Zaluzhny, penunjukan ini dilakukan langsung oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Penggantian ini sebenarnya sempat mengejutkan beberapa pihak. Pasalnya, militer Ukraina sendiri masih berperang dengan Rusia.

Menurut kabar yang beredar, langkah penggantian Panglima tersebut diambil menyusul ketegangan antara Zelensky dan Zaluzhny setelah kegagalan serangan balasan Kiev.

Lebih jauh, siapa sebenarnya sosok Oleksandr Syrskyi yang ditunjuk menjadi Panglima Ukraina baru ini?

Profil Oleksandr Syrskyi


Oleksandr Syrskyi merupakan salah seorang perwira militer berpengaruh di Ukraina. Sepanjang kariernya, dia sudah banyak menyandang jabatan penting di militer Ukraina.

Mengutip laman Al Jazeera, Sabtu (10/2/2024), Syrskyi lahir di Soviet Rusia pada Juli 1965. Sebagaimana perwira senior lain di generasinya, ia dulunya juga belajar di Akademi Tentara Merah di Moskow.

Syrskyi lulus sekitar tahun 1986. Setelahnya, ia bertugas di Korps Artileri Soviet. Namun, pascakeruntuhan Uni Soviet, ia menolak bertugas di tentara Rusia, sehingga kerap disebut pengkhianat.

Menariknya, Syrskyi pindah ke Ukraina pada 1980-an. Setelah itu, ia sempat belajar di Universitas Pertahanan Nasional di Kiev dan bergabung bersama barisan tentara Ukraina yang baru terbentuk.

Pada sepak terjangnya, Syrskyi dikenal sebagai sosok perencana dengan disiplin tinggi. Sejumlah pengamat menyebut kepiawaian taktik perangnya bersumber dari pengalaman pelatihan saat di Soviet dulu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0904 seconds (0.1#10.140)