Mesir Ancam Israel Jika Nekat Luncurkan Invasi Darat ke Rafah

Minggu, 11 Februari 2024 - 11:45 WIB
loading...
A A A
Perkembangan ini terjadi ketika muncul laporan bahwa Mesir berupaya meningkatkan ketinggian tembok beton perbatasan dengan Gaza dan memasang kawat berduri dalam upaya untuk mencegah warga Palestina mencoba menyeberang ke Sinai.

Para pejabat Israel juga telah mempertimbangkan untuk memperkuat tembok tersebut dengan membangun "smart border" antara Jalur Gaza dan Mesir, sebuah rencana yang dengan cepat ditolak oleh pihak Kairo.

Mesir adalah negara Arab pertama yang menormalisasi hubungan dengan Israel, meski mendapat tentangan luas dari masyarakatnya sendiri.

Namun ketegangan meningkat antara kedua negara sejak dimulainya perang Israel di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 28.000 orang sejak 7 Oktober 2023.

Selain pernyataan pejabat Israel tentang pengusiran warga Palestina dari Gaza, Israel juga menyatakan niatnya untuk memasuki kawasan Koridor Philadelphi, jalur sepanjang 14 kilometer yang membentang di sepanjang perbatasan selatan Gaza dengan Mesir.

Kairo sejauh ini menolak mengizinkan Israel menguasai koridor darat.

Mesir, bersama dengan Qatar dan Amerika Serikat, berusaha menengahi kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0888 seconds (0.1#10.140)