Presiden Negara NATO Ini Mundur Gara-gara Kasus Paedofil

Minggu, 11 Februari 2024 - 07:42 WIB
loading...
Presiden Negara NATO Ini Mundur Gara-gara Kasus Paedofil
Presiden Hongaria Katalin Novak mengundurkan diri setelah mengampuni seorang pria yang dihukum karena menyembunyikan tersangka paedofil. Foto/REUTERS
A A A
BUDAPEST - Presiden Hongaria Katalin Novak mengundurkan diri setelah mengampuni seorang pria yang dihukum karena menyembunyikan tersangka paedofil.

Presiden dari negara NATO itu resmi mengundurkan diri pada hari Sabtu dan minta maaf atas tindakannya. Keputusannya itu telah memicu protes berhari-hari.

“Saya memberikan pengampunan yang menyebabkan kebingungan dan keresahan bagi banyak orang,” katanya dalam pesan yang disiarkan televisi, sambil mengakui bahwa dia telah melakukan kesalahan.



Protes pecah di Budapest awal pekan ini atas keputusannya mengampuni seorang pria yang dihukum karena menyembunyikan predator seksual di panti asuhan.

Pria tersebut menerima hukuman tiga tahun penjara pada tahun 2018 karena menekan penghuni panti asuhan yang dikelola pemerintah untuk mencabut klaim pelecehan seksual terhadap direktur panti tersebut.

Direktur tersebut, yang dilaporkan melakukan pelecehan terhadap setidaknya sepuluh anak antara tahun 2004 hingga 2016, dijatuhi hukuman delapan tahun penjara.

Novak mengeluarkan pengampunan tersebut pada bulan April tahun lalu.

Novak adalah wanita pertama dan orang termuda yang menjabat sebagai presiden Hongaria.

Mantan Menteri Kehakiman Judit Varga, yang ikut menandatangani pengampunan saat menjabat di pos tersebut, juga mengundurkan diri dari jabatannya saat ini sebagai anggota parlemen Hongaria.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)