Uang dan Perhiasan Terkait Najib yang Disita Senilai Rp3,8 Triliun

Kamis, 28 Juni 2018 - 00:40 WIB
Uang dan Perhiasan Terkait...
Uang dan Perhiasan Terkait Najib yang Disita Senilai Rp3,8 Triliun
A A A
KUALA LUMPUR - Dompet mewah, tas uang tunai, perhiasan, jam tangan dan barang-barang lain yang disita dari tempat-tempat yang terkait dengan mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak bernilai USD273 juta atau sekitar Rp3,8 triliun. Hal itu dibeberkan Kepolisian Diraja Malaysia.

Kepala Divisi Kejahatan Komersial Polisi Malaysia, Datuk Seri Amar Singh, mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa semua barang-barang mahal itu disita dari enam properti yang terkait dengan Najib. Dia membenarkan bahwa total nilainya antara USD 224 juta hingga USD273 juta.

"Kami tidak bisa melakukan penghitungan di tempat karena jumlahnya terlalu besar," kata Singh. Menurutnya, nilai barang sitaan itu merupakan yang terbesar dalam sejarah Malaysia.

Menurutnya, untuk menghitung nilai semua barang sitaan diperlukan waktu tiga hari dengan enam mesin penghitung uang tunai dan 22 pejabat dari bank sentral. Khusus uang tunai yang disita jumlahnya USD28,9 juta dalam 26 mata uang yang berbeda, termasuk ringgit Malaysia (RM).

Pihak berwenang sedang menyelidiki Najib sebagai bagian dari penyelidikan mereka tentang bagaimana dana miliaran dolar hilang dari lembaga keuangan negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Najib dan istrinya telah dilarang meninggalkan Malaysia setelah kalah dalam pemilu bulan Mei lalu. Najib dikalahkan Mahathir Mohamad yang kini berkuasa kembali sebagai perdana menteri.

Najib sudah diperiksa Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC). Rumah pribadi Najib dan keluarganya juga menjadi bagian dari penyelidikan kasus dugaan korupsi 1MDB.

Polisi, seperti dikutip Reuters, Kamis (28/6/2018), mengatakan bahwa mereka akan segera memanggil Najib dan istrinya, Rosmah, untuk diinterogasi lebih banyak.

Menurut Singh, item sitaan yang paling mahal adalah kalung berlian dengan emas kuning senilai USD1,59 juta. Singh melanjutkan, total ada 567 tas dalam 37 merek berbeda, salah satunya tas Hermes yang bernilai USD12,7 juta.

PM Mahathir, dalam wawancara dengan Reuters pekan lalu, mengatakan Najib sepenuhnya bertanggung jawab atas skandal 1MDB. Dia menegaskan bahwa pihak berwenang memiliki "kasus yang hampir sempurna" untuk menjerat Najib.

Najib, yang memimpin Malaysia selama hampir satu dekade, telah secara konsisten membantah melakukan kesalahan. Dia mengklaim uang misterius USD700 juta yang ditransfer ke rekening pribadinya adalah sumbangan dari kerajaan Saudi yang tidak disebutkan nama donaturnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4397 seconds (0.1#10.140)