Netanyahu Tolak Tawaran Gencatan Senjata Hamas, Maunya Israel Menang Perang Total

Kamis, 08 Februari 2024 - 07:21 WIB
loading...
Netanyahu Tolak Tawaran Gencatan Senjata Hamas, Maunya Israel Menang Perang Total
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak tawaran gencatan senjata dari Hamas. Dia inginnya militer Zionis menang perang total di Gaza. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menolak tawaran gencatan senjata terbaru dari Hamas untuk memastikan pemulangan para sandera yang ditahan di Gaza. Dia inginnya militer Zionis menang perang secara total.

Netanyahu memperbarui janjinya untuk menghancurkan kelompok perlawanan Palestina tersebut, dengan mengatakan tidak ada alternatif lain bagi Israel selain menyebabkan keruntuhan Hamas.

“Lusanya adalah lusa Hamas. Seluruh Hamas,” katanya dalam konferensi pers, dan menegaskan bahwa kemenangan total melawan Hamas adalah satu-satunya solusi atas perang Gaza.



Penolakan Netanyahu atas tawaran terbaru Hamas menunjukkan bahwa dia berniat melanjutkan konflik di Timur Tengah. Demikian disampaikan pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri kepada Reuters, Kamis (8/2/2024).

“Komentar Netanyahu adalah bentuk keberanian politik, yang menunjukkan niatnya untuk melanjutkan konflik di wilayah tersebut,” kata Abu Zuhri. “Gerakan (Hamas) siap menghadapi semua opsi.”

Hamas telah mengusulkan gencatan senjata di Gaza selama empat setengah bulan, di mana semua sandera akan dibebaskan, Israel akan menarik pasukannya dari Jalur Gaza dan kesepakatan akan dicapai untuk mengakhiri perang.

Tawaran Hamas, yang isinya pertama kali dilaporkan oleh Reuters, merupakan tanggapan terhadap proposal sebelumnya yang dibuat oleh kepala mata-mata AS dan Israel dan disampaikan ke Hamas pekan lalu oleh mediator Qatar dan Mesir.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken membahas tawaran tersebut dengan Netanyahu setelah tiba di Israel usai melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Qatar dan Mesir—negara-negara yang bertindak sebagai mediator.

Blinken kemudian bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)