Perang Gaza Memanas, Menlu AS Sambangi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman

Selasa, 06 Februari 2024 - 13:43 WIB
loading...
Perang Gaza Memanas, Menlu AS Sambangi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh saat perang Israel-Hamas memanas di Gaza. Foto/SPA
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh pada hari Senin. Kunjungan berlangsung ketika perang Israel-Hamas terus memanas di Gaza, Palestina.

Di Jalur Gaza, para warga Palestina yang berkerumun di bawah pengeboman militer Zionis mengatakan mereka berharap kunjungan Blinken pada akhirnya akan menghasilkan gencatan senjata.

Mereka juga berharap kunjungan diplomat top Amerika itu untuk mencegah ancaman serangan baru Israel terhadap tempat perlindungan terakhir di tepi wilayah kantong tersebut.

Mengutip Al Arabiya, Selasa (6/2/2024), pertemuan Blinken dengan penguasa de facto Arab Saudi itu berlangsung sekitar dua jam.



Blinken tidak menanggapi pertanyaan yang diteriakkan para wartawan tentang bagaimana kelanjutannya saat dia kembali ke hotelnya, namun malah melambaikan tangan.

“Menteri menggarisbawahi pentingnya mengatasi kebutuhan kemanusiaan di Gaza dan mencegah penyebaran konflik lebih lanjut,” kata Departemen Luar Negeri AS setelah pertemuan tersebut.

Blinken juga akan mengunjungi Mesir, Qatar, Israel dan Tepi Barat yang diduduki Israel minggu ini.

Dia akan mendorong pembicaraan yang dimediasi Mesir dan Qatar dengan Hamas mengenai kesepakatan untuk membebaskan para sandera asal Israel yang ditahan di Gaza.

Turnya ke Timur Tengah, yang kelima sejak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 yang memicu perang besar di Gaza, terjadi pada periode yang oleh para pejabat senior AS digambarkan sebagai salah satu periode paling berbahaya bagi kawasan Timur Tengah dalam beberapa dekade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)