Serangan Air Aki Terbanyak di Dunia Justru Terjadi di Inggris, Apa Pemicunya?

Senin, 05 Februari 2024 - 21:02 WIB
loading...
Serangan Air Aki Terbanyak di Dunia Justru Terjadi di Inggris, Apa Pemicunya?
Serangan air aki terbanyak di dunia terjadi di Inggris. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Serangan zat kimia berbahaya dengan air aki terhadap seorang wanita dan dua anaknya yang masih kecil di barat daya London pekan lalu telah menyoroti peningkatan tren serangan serius yang melibatkan zat korosif di Inggris selama beberapa tahun terakhir.

Perburuan sedang dilakukan terhadap tersangka penyerang Abdul Ezedi, 35, menyusul insiden di Clapham pada Rabu lalu, yang melukai total 12 orang. Seorang wanita, 31, dan dua putrinya yang masih kecil, berusia delapan dan tiga tahun, masih dirawat di rumah sakit, dan luka yang dialami ibu mereka digambarkan sebagai “mengubah hidup.”

Pada Minggu, polisi London mengeluarkan informasi baru tentang zat alkali yang digunakan dalam serangan tersebut, dengan mengatakan bahwa tes laboratorium menunjukkan bahwa zat tersebut adalah natrium hidroksida cair atau natrium karbonat cair – bahan kimia yang mudah dibeli secara online atau di toko perangkat keras khusus.



Melansir RT, data dari lembaga amal Acid Survivors Trust International (ASTI) yang berbasis di Inggris, sebuah organisasi nirlaba yang berupaya menyoroti insiden-insiden tersebut secara global, menunjukkan bahwa Inggris mempunyai jumlah serangan air keras terbesar yang pernah tercatat di dunia.

Pada tahun 2022, ASTI mencatat 710 kasus penyerangan dengan bahan korosif, meningkat 69% dibandingkan 421 kasus pada tahun sebelumnya. Serangan asam mencapai puncaknya pada tahun 2017, menurut data ASTI, dengan total 941 kasus.

Data untuk tahun 2023 belum dipublikasikan, meskipun Layanan Kesehatan Nasional mengatakan mereka menerima total 82 rawat inap antara tahun 2022 dan 2023 karena cedera yang disebabkan oleh bahan kimia korosif.

“Mengingat sifatnya, efek serangan asam menyebabkan rasa sakit yang sangat menyiksa, dan cedera menyebabkan kecacatan yang mengubah hidup,” kata ASTI.

Serangan yang melibatkan bahan kimia secara tradisional dikaitkan dengan kekerasan geng di Inggris, catat ASTI, namun data terbarunya pada tahun 2022 menunjukkan bahwa perempuan kini lebih banyak menjadi sasaran dibandingkan laki-laki. “Ini menandakan peningkatan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan,” kata ASTI di situsnya.

Inggris memperkuat undang-undangnya yang mengatur bahan kimia berbahaya pada tahun 2022, dengan menambahkan langkah-langkah pada Undang-Undang Senjata Ofensif tahun 2019 untuk memberlakukan pembatasan pembelian bahan-bahan tersebut. Kepemilikan bahan kimia berbahaya di tempat umum dapat diancam hukuman penjara hingga empat tahun, berdasarkan undang-undang.

Penggunaan bahan korosif untuk melukai tubuh sudah merupakan kejahatan serius berdasarkan Undang-Undang Pelanggaran Terhadap Manusia Inggris tahun 1861. Pelanggaran tersebut dapat mengakibatkan hukuman maksimal penjara seumur hidup di Inggris, Wales dan Irlandia Utara.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)