12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Sabtu, 03 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024
Banyak partai yang mengikuti pemilu parlemen di Pakistan. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Pada Kamis (8/2/2024), Pakistan , negara berpenduduk hampir 250 juta orang, akan memilih pemerintah nasional dan anggota Majelis Nasional, majelis rendah parlemen.

Pemungutan suara tersebut dilakukan di tengah tindakan keras terhadap partai mantan Perdana Menteri Imran Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), dan iklim politik yang berubah-ubah.

Seperti kebanyakan negara demokrasi besar, partai politik di Pakistan memiliki spektrum ideologi yang beragam.

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

1. Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PMLN)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Liga Muslim Pakistan-Nawaz, sebuah partai berhaluan tengah yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif, berkuasa untuk ketiga kalinya pada tahun 2013 dengan perolehan suara mayoritas.

Namun Sharif, 74 tahun, dicopot dari jabatannya pada tahun 2017 karena tidak dapat menyelesaikan masa jabatannya karena serangkaian tuduhan korupsi terhadapnya. Bersama putrinya, Maryam, ia dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun pada tahun 2018, beberapa hari sebelum pemilu nasional terakhir.

Shehbaz Sharif, 72 tahun, adik laki-laki Nawaz dan mantan ketua menteri dari kubu politik partai, Punjab, menjabat sebagai perdana menteri pada tahun 2022. Hal itu terjadi setelah PMLN, sebagai bagian dari aliansi yang dikenal sebagai Gerakan Demokratik Pakistan (PDM), digulingkan. Khan dan pemerintahannya dalam mosi tidak percaya. Khan berkuasa pada tahun 2018.

Pendukung Shehbaz sering memanggilnya “Kecepatan Shehbaz” karena energinya dan gaya penyampaiannya yang cepat pada proyek infrastruktur, seperti proyek Bus Metro di Lahore.

Namun, selama 16 bulan masa jabatannya sebagai perdana menteri, terjadi hiperinflasi dan protes yang dipimpin oleh PTI pimpinan Khan.

Sementara itu, Nawaz kembali ke Pakistan pada bulan Oktober dari empat tahun pengasingan di Inggris. Dalam beberapa minggu, tuduhan korupsi terhadapnya dibatalkan di pengadilan, sehingga menimbulkan dugaan dari para analis bahwa ia telah dipilih sendiri oleh militer yang kuat sebagai perdana menteri negara berikutnya.

Tantangan terbesar yang dihadapi Sharif adalah merebut kembali basis dukungan mereka dari Khan, yang meskipun dipenjara karena beberapa hukuman, namun tetap menjadi kekuatan yang populer, terutama di kalangan pemuda perkotaan dengan kehadiran digital yang kuat.

PMLN jelas masih menjadi kandidat terdepan menjelang pemilu. Meskipun Sharif yang lebih tua adalah pemimpin tertinggi partai tersebut, tidak jelas siapa di antara saudara-saudaranya yang dapat memimpin Majelis Nasional jika PMLN mendapatkan cukup kursi.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 64

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 126


2. Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), yang didirikan oleh pemain kriket yang menjadi politisi Khan dan saat ini dipimpin oleh Gohar Ali Khan, lebih condong ke sayap kanan tengah.

Khan berkuasa dengan kemenangan pada pemilu 2018. Namun dalam beberapa tahun, pihak militer, yang tampaknya mendukungnya dalam pemungutan suara tersebut, berbalik menentangnya ketika Khan digulingkan dari jabatannya melalui mosi tidak percaya di parlemen, yang merupakan mosi tidak percaya pertama dalam sejarah Pakistan.

Khan menuduh Amerika Serikat berkonspirasi dengan militer Pakistan dan saingan politiknya untuk mengusirnya, namun tuduhan tersebut dibantah oleh semua pihak. Setelah pemecatannya, partai Khan memimpin demonstrasi di seluruh negeri, menuntut pemilihan umum dini.

Namun, protes tersebut berubah menjadi buruk ketika Khan ditangkap pada bulan Mei atas tuduhan korupsi. Pendukungnya mengamuk, menargetkan instalasi sipil dan militer.

Kerusuhan tersebut mengakibatkan pembalasan brutal dari negara. Ratusan pemimpin partai dipaksa mundur dari PTI, ribuan pekerjanya ditangkap, dan partai tersebut menghadapi penindasan.

Khan, yang memiliki lebih dari 150 kasus yang diajukan terhadapnya, kini menjadi rekannya dihukum karena korupsi serta membocorkan rahasia negara dan terancam hukuman 14 tahun penjara.

Partainya dicopot dari simbol pemilunya, tongkat kriket, dan para kandidatnya kini dipaksa mencalonkan diri sebagai independen.

Meskipun terdapat banyak hambatan yang menghadang, PTI memperoleh dukungan rakyat yang sangat besar di seluruh negeri, dan hal ini dapat memberikan keuntungan bagi PTI.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 116

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 28

3. Partai Rakyat Pakistan (PPP)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Partai Rakyat Pakistan (PPP) yang berhaluan kiri-tengah, yang dipimpin oleh Bilawal Bhutto Zardari dan ayahnya, Asif Ali Zardari, berupaya untuk kembali berkuasa untuk pertama kalinya sejak 2008.

Partai ini didirikan oleh kakek dari pihak ibu dan mantan Perdana Menteri Zulfikar Ali Bhutto, yang kemudian dipimpin oleh ibunya, dua kali Perdana Menteri Benazir Bhutto. Bhutto Zardari yang berusia 35 tahun mempunyai tugas besar yang harus diisi.

Keturunan dinasti Bhutto akan bersaing dalam pemilihannya yang kedua. Dia adalah menteri luar negeri di bawah pemerintahan PDM setelah penggulingan Khan pada tahun 2022.

Bhutto Zardari menonjol sebagai pemimpin muda di negara yang bahkan lebih muda lagi – usia rata-rata adalah 20 tahun di negara yang didominasi oleh laki-laki berusia 70-an.

Namun ia menghadapi tantangan, termasuk kritik terhadap pemerintahan partainya di Sindh selama empat periode terakhir, terutama setelah bencana banjir pada tahun 2022, yang menghancurkan sebagian besar provinsi tersebut.

Manifesto dan kampanyenya berfokus pada upaya menjalin hubungan dengan kaum muda di negaranya, dan ia memiliki rencana ambisius untuk memerangi perubahan iklim.

Jika dia menjadi perdana menteri dalam kondisi yang sangat buruk, dia akan mengikuti jejak ibunya, yang pertama kali menduduki jabatan eksekutif puncak negara itu pada tahun 1988 pada usia yang sama.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 43

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 34

4. Partai Nasional Awami (ANP)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Partai Nasional Awami, sebuah partai nasionalis etnis Pashtun yang berbasis di provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa, berupaya menggantikan PTI di pemerintahan provinsi di sana.

Partai kiri-tengah, yang dipimpin oleh Asfandyar Wali Khan, mengambil posisi progresif dan sekuler dalam kebijakan namun dirundung tuduhan korupsi dan tidak lagi berkuasa selama hampir dua dekade.

ANP adalah bagian dari aliansi 11 partai PDM.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 1

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 2

5. Gerakan Muttahida Qaumi Pakistan (MQM-P)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Gerakan Muttahida Qaumi adalah kekuatan politik paling kuat di Karachi, kota terbesar dan tulang punggung ekonomi Pakistan, selama hampir tiga dekade.

Di masa lalu, MQM-P selalu membentuk aliansi dengan partai-partai pemimpin negara secara nasional. Partai ini berkoalisi dengan PTI setelah pemilu 2018 tetapi beralih loyalitas ke PDM setelah April 2022.

MQM-P terpecah pada bulan Agustus 2016 menjadi faksi London dan faksi Pakistan setelah pidato yang menghasut dari pemimpinnya di pengasingan, Altaf Hussain.

Namun ketika kesempatan untuk bergabung dengan aliansi PDM muncul, faksi-faksi yang terpecah dan cabang MQM-P bersatu kembali.

Operasi paramiliter di masa lalu yang menargetkan partai tersebut dan dugaan hubungannya dengan perusahaan kriminal di Karachi telah merusak popularitas provinsi Sindh.

Sebagian besar dukungannya ada di Karachi dan kota-kota sekitarnya, yang memiliki banyak orang yang mengungsi ke sana setelah pemisahan anak benua itu pada tahun 1947.

MQM-P akan melawan tokoh independen yang berafiliasi dengan PTI, Jamaat-e-Islami, PPP dan kandidat muda independen untuk mencoba mendapatkan kembali basis mereka.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 6

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 18

6. Jamaat-e-Islami (JI)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Dipimpin oleh Siraj ul Haq, Jamaat-e-Islami adalah partai sayap kanan dengan manifestonya berpusat pada agama.

Salah satu partai politik tertua di Pakistan ini terkenal dengan organisasi partainya yang kuat, namun gagal meraih kesuksesan di pemilu.

Kelompok ini telah kehilangan kekuasaannya selama beberapa dekade, dan keberhasilan terakhirnya adalah pada pemilu tahun 2002 di bawah pemerintahan Presiden Pervez Musharraf, seorang jenderal yang mengambil alih kekuasaan melalui kudeta.

JI menargetkan Khyber Pakhtunkhwa dan sangat fokus pada Karachi dengan pemimpinnya yang relatif muda, Hafiz Naeem.

Setelah meraih hasil baik dalam pemilu lokal baru-baru ini di Karachi, partai keagamaan tersebut mencoba untuk mempromosikan agenda yang lebih moderat dan berpusat pada pembangunan yang diharapkan dapat menarik pemilih.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 12 (dalam aliansi partai agama)

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 2

7. Jamiat-e-Ulema Islam (JUI-F)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Kelompok sayap kanan Jumiat-e-Ulema Islam, yang dipimpin oleh Fazal-ur-Rehman, juga bertujuan untuk mendapatkan kembali wilayah yang hilang, khususnya di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, yang dikalahkan oleh PTI.

Pemimpin Muslim tersebut adalah ketua aliansi PDM dan ingin menggunakan jaringan seminari keagamaannya yang luas untuk membantunya memenangkan suara.

Berdasarkan pengalamannya di Pakistan, Rehman adalah operator politik cerdik yang juga bisa membentuk aliansi ketika pemerintahan baru sedang dibentuk.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 12 (dalam aliansi partai agama)

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 11

8. Partai Pakhtunkhwa Milli Awami (PkMAP)

Melansir Al Jazeera, Partai Pakhtunkhwa Milli Awami adalah kelompok nasionalis Pashtun, yang sebagian besar aktif di provinsi Balochistan, dan merupakan bagian dari aliansi yang berkuasa di pemerintahan provinsi terakhir.

Dipimpin oleh Mahmood Khan Achakzai, PkMap dianggap sebagai partai kiri-tengah progresif di provinsi paling miskin di Pakistan, yang juga memiliki jumlah kursi majelis nasional paling sedikit (16).

Partai ini mengupayakan otonomi provinsi yang lebih besar dan peningkatan kekuasaan Senat, di mana semua provinsi memiliki keterwakilan yang setara.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 0

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 3

9. Partai Balochistan Awami (BAP)

Melansir Al Jazeera, Partai Awami Balochistan dibentuk pada tahun 2018 dengan Perdana Menteri sementara Anwaar-ul-Haq sebagai salah satu pendirinya.

Partai tersebut, sejak awal berdirinya, dipandang sebagai sekelompok politisi berbeda yang berasal dari berbagai suku di Balochistan, yang sejalan dengan kekuatan militer Pakistan. Pada pemilu 2018, BAP beraliansi dengan PTI.

Partai tersebut akan memperebutkan setidaknya 10 kursi Majelis Nasional, semuanya dari Balochistan, dan diharapkan menjadi perantara kekuasaan jika partai-partai besar membutuhkan mitra untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 4

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: tidak ada

10. Partai Pekerja Awami (AWP)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Partai Pekerja Awami yang berhaluan kiri adalah gerakan yang relatif baru dan lebih kecil dibandingkan dengan kelompok arus utama lainnya. Mereka berkampanye mengenai kebijakan anti-penghematan.

Meskipun undang-undang ini memberikan pilihan bagi para pemilih yang kecewa dengan sistem politik yang ada di negara tersebut, undang-undang ini hanya memiliki tiga kandidat yang memperebutkan kursi Majelis Nasional di seluruh negeri, sehingga membatasi dampaknya.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: 0

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: 0

11. Partai Haqooq-e-Khalq (HKP)

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Foto/Reuter

Melansir Al Jazeera, sebagai pendatang baru dalam pemilu tahun 2024, Partai sosialis Haqooq-e-Khalq mengajukan kandidat muda di kubu PMLN di Lahore.

Mirip dengan AWP, HKP berjuang dengan sumber daya keuangan untuk mengajukan kandidat di lebih banyak daerah pemilihan dan akan bersaing dari satu kota hanya dengan dua kandidat dari Majelis Nasional dan satu kandidat di tingkat provinsi.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: tidak ada

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: tidak ada

12. Partai Istehkam-e-Pakistan (IPP)

Melansir Al Jazeera, Dibentuk pada bulan Juni, Partai Istehkam-e-Pakistan didirikan oleh Jehangir Tareen, salah satu pengusaha terkaya di Pakistan dan merupakan orang kepercayaan serta pemodal Khan di masa lalu.

Partai berhaluan tengah ini terbentuk hanya sebulan setelah PTI pimpinan Khan menghadapi tindakan keras negara setelah kerusuhan tanggal 9 Mei.

Sejumlah besar pimpinan PTI, yang mengumumkan pengunduran diri mereka dari partai, segera muncul dari bayang-bayang dan mengumumkan bergabung dengan IPP.

Partai tersebut dipandang terdiri dari sejumlah besar kandidat terpilih yang memiliki pengaruh pribadi yang kuat di daerah asal mereka. Mereka berharap dapat memenangkan cukup kursi dalam pemilu untuk berperan dalam pembentukan pemerintahan berikutnya.

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2018: tidak ada

Kursi yang dimenangkan pada tahun 2013: tidak ada
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)